Wilayah Mimika Baru Akan di Mekarkan Jadi Tiga Distrik

Kepala Distrik Mimika Baru Dedy Paokuma.

Timika – Tabaos14 | Kepala Distrik Mimika Baru, Dedy Paokuma mengatakan, saat ini panitia tim pemekaran distrik, kelurahan, dan kampung sedang dibentuk. Hal tersebut dilakukan untuk wilayah Mimika Baru akan dimekarkan menjadi tiga Distrik.

“Info pemekaran ini kan sudah dari tahun 2018. Waktu itu saya masih di Distrik Amar. Di pertengahan tahun 2020 yang kami dapat informasi berkaitan dengan pemekaran itu Distrik Mimika Baru dia mekar tambah dua Distrik sehingga nantinya menjadi tiga Distrik,” kata Dedy saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Selasa (19/7/2022).

“Hanya saja masih dibentuk panitianya. Jadi nanti setelah dibentuk baru panitianya yang akan turun ke lapangan untuk melihat daerah-daerah mana saja yang layak menjadi kampung, layak menjadi kelurahan, dan layak menjadi distrik,” imbuhnya.

Dedy menjelaskan panitia pemekaran tersebut terdiri dari semua stakeholder. Untuk pemekaran distrik dan kelurahan, anggotanya dari tata pemerintahan sebagai garda terdepan untuk pemekaran.

“Sedangkan untuk pemekaran kampung sendiri itu ada di pemberdayaan masyarakat yang jadi kordinatornya.Tetap kami kepala distrik dan kelurahan akan dilibatkan semua,” jelasnya.

Lebih lanjut Dedy menyebutkan bahwa berdasarkan informasi yang ia terima, jumlah kampung akan menjadi 20 kampung.

“Tapi itu kan masih sekadar masukan saja. Dan kita dari panitia pun belum bekerja. Nanti kalau kita dari panitia telah bekerja, sudah seleksi semua berkas administrasi, baru disampaikan oleh ketua tim mana yang memang layak dan tidak layak,” pungkasnya.

Pos terkait