Waspada Banjir, Lurah Setempat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14 |Pemkab Mimika meminta seluruh Kampung, Kelurahan dan RT setempat untuk proaktif menjaga kebersihan lingkungan mereka masing masing terutama sampah dan saluran air. Mengingat curah hujan dalam beberapa hari kedepan diperkirakan semakin tinggi.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Mimika, Evert Hindom mengatakan, para Lurah akan terus memantau keadaan selokan, kali dan sampah di musim hujan yang terjadi beberapa hari ini.

Muat Lebih

” Tentu masalah banjir ini tidak lepas juga dari sampah yang menyumbat selokan ataupun di sungai. Apalagi beberapa kelurahan kita ini ada beberapa sungai besar yang dimiliki di kelurahan kota,” katanya usai melakukan rapat evaluasi bulanan dengan 19 Kepala Kelurahan di Kantornya, Senin (29/6).

Evert mengatakan, sejak dini para Lurah sudah harus memerintahkan para RT untuk bertindak bersama warga membersihkan lingkungan, terutama saluran air dan sampah. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya endapan dan penyumbatan saluran air yang menyebabkan banjir.

“Sehingga wajib untuk Kepala Kelurahan untuk memerintahkan para Kepala RT sehingga bersama warga membersihkan lingkungannya,” tuturnya.

Menurutnya, beberapa wilayah seperti Kelurahan Karang Senang SP II yang dilalui sungai besar itu menjadi titik rawan banjir. Bila saluran air atau sungai tersumbat, maka debit air akan rentan naik. Hal ini bisa membuat RT 16, RT 15 dan RT 28 di SP 3 akan terendam air.

“Kelurahan Kamoro Jaya dan Winosari Jaya juga itu menjadi perhatian. Jangan sampai debit air naik, nanti jadi banjir. Kelurahan Kwamki juga jadi atensi kami,”

Evert mengimbau para Lurah bertindak cepat dan sesering mungkin berkoordinasi dengan pihaknya. Sehingga apabila debit air naik di kelurahan tersebut, pihaknya dapat berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam mengambil tindakan tepat.

“Semoga situasi kali ini tidak separah waktu-waktu sebelumnya. Juga semoga situasi pandemik Covid-19 tidak menurunkan semangat mereka untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di wilayah mereka (Lurah, red). Juga rekan-rekan RT untuk terus membantu teman-teman yang ada di Kelurahan. Sehingga jangan sampai pandemik Covid-19 ini belum berakhir, kita sudah hadapi lagi bajir yang ada,” pungkasnya.

Reporter : Yonri
Editor : Tahir

  • Whatsapp