Warga Pos Peka Timika Jaya Gagalkan Pencurian Sepeda Motor, Satu Pelaku Berhasil Diamankan Dua Kabur

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Rencana aksi pencurian kendaraan bermotor oleh AA bersama dua rekannya digagalkan oleh warga yang bertugas menjaga keamanan lingkungan di Pos Peka (Peduli Keamanan) Nusantara 01 dan 02 yang berlokasi di jalur 1 Kelurahan Timika Jaya Kabupaten Mimika, Kamis (8/4).

Alhasil warga berhasil mengamankan AA dan telah mendekam dalam tahanan Polres Mimika. Sedangkan dua rekannya yang hendak melakukan pencurian kendaraan bermotor tersebut berhasil kabur.

Bacaan Lainnya

Kabag Ops Polres Mimika AKP Roberth Hitipeuw SH, mengatakan, kejadian berawal ketika pelaku bersama dengan kedua rekannya berboncengan menggunakan satu unit sepeda motor menuju tempat kejadian perkara di sp2 jalur 1, sekitar pukul 02.00 Wit. Namun kedatangan para pelaku ke TKP ternyata terpantau oleh warga yang sedang berjaga-jaga di Pos Peka.

“Lantaran melihat gelagat mencurigakan para pelaku, warga yang sedang jaga pos Peka langsung menghampiri. Pelaku berinisial AA yang stand by diatas motor berhasil diamankan, sementara dua pelaku lainnya berinisial YM dan VK langsung melarikan diri,” kata Roberth Kamis (8/4).

Roberth mengatakan,saat itu juga sepeda motor yang digunakan pelaku ke TKP, digunakan oleh warga untuk mengejar dua pelaku lainnya. Di saat mendekati kedua pelaku, warga malah ditantang dengan menggunakan alat tajam pisau.

“Warga akhirnya menjauhi pelaku guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, namun sayangnya sepeda motor pelaku yang digunakan oleh warga, tertinggal. Akhirnya oleh kedua pelaku diambil dan digunakan untuk melarikan diri,” katanya.

Roberth menjelaskan, kedua pelaku kini masih dilakukan pengejaran oleh pihak Satreskrim Polres Mimika. Karena dari hasil keterangan AA bahwa Ia dan kedua pelaku lainnya yang kabur memang sudah merencanakan aksinya. Atas perbuatan tersebut AA diancam dengan Pasal 363 juncto Pasal 53 KUHP atas keterlibatannya atau turut serta dalam aksi percobaan pencurian.

“Artinya dia ikut serta, yang mau curi motor dua orang temannya itu. Lantaran mengetahui bahwa kedua rekannya hendak mencuri sepeda motor,” katanya.

Roberth menambahkan, pihaknya mengapresisasi masyarakat yang jaga di Pos Peka tersebut. Hal itu sebagai bukti bahwa program Pos Peduli Keamanan benar-benar memiliki potensi keamanan masyarakat.

“Ini menjadi contoh yang baik bagi Pos-pos Peka yang lain untuk selalu dan terus melaksanakan tugas yang baik sehingga dapat membantu selain memberikan kenyamanan juga bisa menggagalkan pencurian bahkan bisa sampai pada penangkapan pelaku yang melakukan aksinya,” ujarnya.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait