Warga Pengunjung Harus Turut Lestarikan Wisata Mangrove

Anggota DPRD Kabupaten Mimika, M. Nurman S. Karupukaro.

Anggota DPRD Mimika Fraksi Gerindra, M. Nurman S. Karupukaro

TIMIKA – Tabaos14   I   WISATA  Mangrove yang berlokasi di Pomako Distrik Mimika Timur di Kabupaten Mimika – Papua, kini menjadi salah satu tujuan warga kota dan Mimika Kabupaten.

Bacaan Lainnya

Karenanya, untuk tetap menjaga keasrian dan keindahan wisata mangrove itu disarankan Anggota DPRD Mimika, M. Nurman S Karupukaro meminta kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mimika dan pengelola agar terus menjaga kebersihan area itu.

“Kami minta pengelola supaya betul-betul memperhatikan lingkungan,” kata Nurman saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Jumat (10/01).

Wisata Mangrove, jelas Nurman, merupakan salah satu tujuan masyarakat untuk menghabiskan akhir pekan. Sehingga pihak pengelola harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan, juga mengimbau kepada para pengunjungnya agar tidak membuang sampah sembarangan dengan menyiapkan tong sampah bagi para pengunjung.

“Masyarakat yang masuk supaya tidak membuang sampah yang dibawa secara sembarangan. Karena dibawah jalan terapungnya atau jalan papan itu ada banyak penumpukan sampahnya,” jelas Nurman.

Untuk tetap menjaga kebersihannya, pihak pengelola perlu memberdayakan masyarakat lokal. Baik petugas kebersihan maupun penerjemahnya. Selain itu, perlu di kelola wisata tersebut dengan baik seperti harus dibuatkan pintu masuk dan juga pintu keluar, sehingga pengunjung tidak terpaku hanya dengan satu pintu saja.

“Jadi, kepada dinas terkait hendaknya bisa bagaimana membantu meningkatkan kualitas pelayanan pada lokasi wisata itu juga. Manfaatkan orang-orang yang ada di situ (masyarakat Kamoro) sebagai penerjemah dan kalau bisa juga dibuatkan dua pintu untuk masuk dan keluar supaya tidak tertumpuk didalam,” harapnya. (Jul)

Pos terkait