Warga Mimika GRATIS Urus Adminduk

Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob

 

TIMIKA – Tabaos14   I    Banyak orang yang ternyata belum mengetahui bahwa, semua warga Mimika saat ini GRATIS alias tidak bayar dalam mengurus semua administrasi kependudukan di Kabupaten Mimika ini.

Wakil Bupati (Wabup) Mimika, Johannes Rettob menegaskan bahwa tidak ada pengutan apapun untuk pengurusan Andministrasi Kependudukan (Adminduk). Baik di Keluarahan ataupun Distrik, bahkan Dinas. Segala pungutan yang dilakukan tanpa adanya regulasi yang ada, itu tidak dibenarkan dan tidak boleh dilakukan.

“Mau urus surat domisili di Kelurahan atau Distrik, itu tidak ada namanya biaya-biaya. Itu tidak boleh dan jika ada, mohon segera dilaporkan. Itu Kelurahan mana atau Distrik mana atau kalau di Dinas, tunjukkan orangnya,” tegas Wabup Rettob di kantor Bappeda Mimika, Rabu (22/1).

Wabup menjelaskan, dalam pengurusan Adminduk dimanapun yang terkait di Kabupaten Mimika, tidak ada aturan atau regulasi yang mengatur adanya retribusi atau pungutan untuk pelayanan kepada masyarakat. Selama ini, di Kabupaten Mimika belum ada aturan yang mengatur adanya pungutan untuk pengurusan pelayanan Adminduk.

“Tidak ada pelayanan di Kelurahan atau Distrik yang sifatnya bayar diluar dari aturan yang ada. Mendagri sudah mengatakan, jika mengurus surat domisili tidak perlu lagi ke kelurahan langsung saja ke dinas,” jelas Wabup Rettob menegaskan pernyataan Mendagri.

Wabup menghimbau pada masyarakat Mimika untuk langsung datang jika akan melakukan pengurusan Adminduk. Pasalnya, pelayanan Adminduk di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), sekarang jauh lebih baik dan lebih cepat karena telah dilakukan pembenahan yang dilakukan kepala dinas yang baru.

Situasi pelayanan Adminduk di Disdukcapil Mimika.

 

“Saya harap langsung datang ke Dinas atau pakai layanan ORLANDO bila ingin cepat. Selanjutnya, kita tinggal datang ke Dinas cuma untuk ambil hasilnya saja,” ujarnya.

Sementara Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo menjelaskan, alangkah lebih baik jika ingin mengurus adminduk, masyarakat bersangkutan bisa langsung mengurusnya di kantor atau masyarakat bisa mengurusnya melalui aplikasi ORLANDO (Operator Layanan Administrasi Online), dengan menghubungi melalui Whatts App (0813- 6982-4244).

Lanjutnya, ORLANDO adalah salah satu upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus adminduk dengan tidak membuang waktu dan tidak harus mengantri panjang. Selain itu, Disdukcapil juga telah memperbaiki sistem pelayanannya sehingga masyarakat yang datang untuk mengurus adminduk tidak harus menunggu terlalu lama, asalkan berkas-berkasnya lengkap.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat Mimika, jika ingin mengurus adminduk, tidak titip ke orang lain. Datang sendiri dan urus adminduknya atau gunakan aplikasi ORLANDO, kita sudah berikan kemudahan itu. Harapannya, masyarakat bisa menggunakan itu dengan baik dan benar,” jelasnya.

Slamet menegaskan, masyarakat jangan titip-titip kepada oknum yang tidak bertanggung jawab, dan supaya administrasi kependudukan (Adminduk) tidak disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertangung jawab.

Kalau titip ke orang lain, itu yang pastinya ada bayaran tersendiri kepada oknum tersebut, sehingga orang lain akan menilai bahwa untuk mengurus adminduk harus berbayar. Namun kenyataannya tidak. (*#/samone)

Pos terkait