Warga Evakuasi Dari Tembagapura Bersama Keluarganya di Timika

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., M.M

TIMIKA – Tabaos14    I    Wakil Bupati (Wabup) Mimika, Johannes Rettob mengatakan bahwa, masyarakat dari Distrik Tembagapura yang evakuasi karena gangguan keamanan sudah tinggal bersama keluarganya masing-masing.

“Mereka disini punya rumah dan punya keluarga masing-masing dan mereka pulang ke rumah dan kembali kepada keluarganya yang ada disini. Meraka semua ini rata-rata punya rumah dan keluarga disini, tetapi mereka tetap jadi perhatian kami,” kata Wabup di Kantor KPP Pratama, Senin (09/03).

Terkait mengapa masyarakat Tembagapura harus dievakuasi ke Timika, Wabup menjelaskan bahwa, masyarakat juga merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan tersebut diakibatkan oleh gangguan keamanan yang dilakukan oleh kolompok separatis KKB. Melihat kebuhan masyarakat itulah, Pemkab Mimika berinisiatif untuk mengevakuasi masyarakat ke Kota Timika.

“Ingat, mereka ini bukan mengungsi dan bukan pengungsi, mereka ini hanya karena tidak nyaman dan pemerintah mengevakuasi kesini dan untuk sementara pindah ke Timika,” jelas Wabup Rettob.

Untuk perhatian yang dilakukan Pemkab Mimika selama masyarakat Tembagapura berada di Timika, dikatakan Wabup,  Pemda Mimika juga sekaligus akan melakukan pendataan terhadap masyarakat yang belum memiliki KTP. Selanjutnya, masyarakat yang belum memiliki KTP akan di lbantu dalam pembuatan KTP.

“Kita bantu mereka yang tidak punya KTP untuk bisa punya KTP, untuk masalah makan minum, itu juga menjadi perhatian khusus Pemkab Mimika, tapi bukan menjadi tanggung jawab penuh pemerintah.  Mereka ini kan rata-rata punya rumah dan keluarga disini,” tuturnya.

Sementara Asisten II Bupati Mimika, Sihol Parningotan pada saat memimpin apel pagi mengatakan bahwa, sesuai dengan petunjuk Bupati Mimika semua pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD) untuk bisa ikut berpartisipasi secara sukarela sesuai dengan surat edaran yang ditandatangani Wakil Bupati Mimika.

“Nanti Posnya, akan ditangani Dinas Sosial dan Posko kita di Gereja Pak Yanes Natkime. Kami harap semua Kepala OPD berpartisipasi,” tutur Sihol dalam Apel. (*#/samone)

Pos terkait