Warga Diminta Sadar Lapor Faskes Cegah Covit-19

  • Whatsapp

Juru Bicara TGTPP Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, M.Epid. (Foto: Istimewa)

TIMIKA – Tabaos14    I    Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Kamis (02/04) meminta kesadaran warga untuk segera dengan kesadarannya melaporkan diri ke fasilitas kesehatan (Faskes) atau Call Center Tim Gugus guna mencegah wabah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika ini.

Bacaan Lainnya

“Terutama sekali kepada segenap warga yang pernah ikut dalam acara pemakaman salah satu warga Timika, yang diduga pernah mengikuti kegiatan di Lembang dan kemudian meninggal di Timika. Peserta diduga memiliki hubungan kontak erat dengan kasus cluster Lembang dan meninggal di Bandung,” ungkap Juru Bicara TGTPP Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, M.Epid dalam konferensi pers via aplikasi Zoom Android, malam ini.

Kepada warga Timika itu, diharapakan agar jika merasakan batuk dan atau sesak nafas agar dengan kesadaran sendiri berkenan mendatangi Faskes atau kontak saja langsung ke Cal Center Tim Gugus.

Meski diakui Ubra, hal itu akan cukup sulit dilakukan mengingat pertimbangan terhadap stigma dan diskriminasi yang siap dialaminya pribadi, bahkan bisa dengan kaum kerabatnya. Karenya, Tim Gugus juga mengajak masyarakat Mimika untuk menyadari untuk tidak memberikan stigma dan mendeskreditkan mereka yang akan melaporkan diri dan akhirnya menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Orang Dalam Pemantauan (ODP), atau bahkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Kami Tim Gugus berharap kita hentikan stigma dan mendeskreditkan setiap Pasien dalam status karena kesadaran semua pasien sangat diharapkan untuk segera hentikan Covid-19 di Mimika ini,” tegas Ubra.

Ubra mengingatkan masyarakat, kalau mau cepat wabah virus ini segera menghilang dari Timika, maka mari bekerjasama mendukung tim gugus sebagai wakil pemerintah daerah Mimika dalam mengendalikan wabah ini secara cepat. “Kita juga membutuhkan kerja Pers dan Media dalam memberikan pemahaman secara masif agar semua warga Mimika sadar dan memahami hal ini,” pesan Ubra. (Sam Nussy)

 

 

  • Whatsapp

Pos terkait