Warga dan Bamuskam Harus Awasi DD

Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme. (Foto: Mercy)

 

TIMIKA – Tabaos.14    I    Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme mengajak Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) dan masyarakat agar bersama-sama melakukan pengawas terhadap penggunaan Dana Desa (DD), setelah beberapa waktu lalu sebanyak 133 Kepala Kampung dilantik oleh Bupati Mimika.

“Jadi masalah Kepala Kampung ini sudah jelas, saat sambutan Bupati Mimika itu sudah disampaikan. Kita DPRD pada prinsipnya mendukung,” kata Alex saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Kamis (27/02).

Menurutnya, selama ini diduga ada beberapa Kepala Kampung yang menyalahgunakan DD itu. Kedepan, setelah dilantik, DD bisa dipergunakan sebaik mungkin sesuai dengan program yang telah direncanakan oleh kampung.

“Selama ini, kepala-kepala desa ini diduga banyak yang salahgunakan DD ini. Padahal DD itu besar tapi disalahgunakan, terutama untuk kampung yang di gunung-gunung yang merupakan dapil saya. Jadi betul-betul harus dikelola dengan baik,” ungkapnya.

Disamping pengawasan oleh Bamuskam dan masyarakat, perlu juga ditampilkan dalam bentuk spanduk. Terutama jumlah DD itu dan program yang akan dikerjakan selama setahun itu apa saja.

Nantinya, pihak DPRD dan OPD terkait akan melakukan kunjungan ke kampung-kampung untuk melihat realisasi penggunaan DD. Kunjungan itu bisa dalam bentuk kunjungan kerja (kunker), atau saat reses, dan atau saat hearing (penyerapan aspirasi) bersama rakyat.

“Di kampung itu ada Bamuskam, harus betul-betul koordinasi. Jadi kedepan, kita akan terus koordinasi dan komunikasi dengan Bakuskam untuk mengawasi apa saja yang sudah dilakukan di kampung,” katanya. (Mrc)

Pos terkait