Warga Butuh TPS Agar Sampah Tak Berhamburan Ketua RT Tetap Himbau Warga Jaga Kebersihan

Ketua RT.003 Kelurahan Inauga, Bernadus Wenehen. (Foto/video: Maria M. Fautngilyanan)

TIMIKA – Tabaos14   I   Warga di sekitar Jalan Busiri Kelurahan Inauga – Sempan, hingga sejauh ini diakui memang belum memiliki tempat pembuangan sampah sementara (TPS) sendiri. Sehingga terkesan masih membuang sampah di pinggir jalan, pada sepanjang Jalan Busiri.

Sejumlah Titik Lokasi Sampah yang Masih Terus Berhamburan di Pinggiran Jalan Busiri yang Terus Diingatkan Ketua RT.003 Kelurahan Inauga, Bernadus Wenehen bahkan Lurah Inauga, Yane Kristian Buinei.

Ketua Rt.03 di Kelurahan Inauga, Bernardus Wenehen yang dijumpai, Selasa (10/03) pagi sekitar pukul 10.30 WIT di Kediamannya di Jalan Busiri Kelurahan Inauga mengakui kebenaran belum adanya lokasi TPS sendiri di Kelurahan Inauga.

“Ini juga memang menjadi salah satu penyebab, menurut saya, mengapa masyarakat terkesan belum memiliki kesadaran pentingnya kebersihan lingkungan. Sehingga sering terjadi dan dapat kita lihat, sampah banyak berserakan di sepanjang jalan atau dipinggir jalan, ” ungkap Bernadus Wenehen.

Bahkan terlebih parah lagi, jelas Bernadus, ada banyak masyarakat yang menjadikan lokasi sampah-sampah itu untuk mencari makanan, bagi hewan peliharaannya. Akibatnya, sampah terlihat berhamburan karena sering dibongkar-bongkar.

“Mereka bongkar karung atau plastik untuk dapatkan makanan buat hewan piaraannya, tapi habis itu dibiarkan saja. Sehingga tidak heran kita bisa lihat sampah-sampah itu berhamburan di pinggir jalanan,” kata Bernadus.

Akibatnya juga, lanjut Bernadus menjelaskan, kondisi sampah-sampah itu membuat petugas kebersihan yang mengangkut sampah juga mengangkat sampah tidak begitu baik. Sampah lain yang tercecer atau sisa sampah lainnya, kadang terabaikan karena petugas juga mungkin butuh kecepatan dalam kerjanya.

Tapi, keluhnya juga sebagai RT, jika sisa-sisa sampah itu dibiarkan begitu saja. Bahkan, sampah plastik yang jatuh ke selokan atau got-got di pinggiran jalan itu juga terabaikan, itu juga semakin menambah tertumpuknya sampah. Belum lagi dengan pembuangan limbah rumah tangga. Pada saat turunnya hujan, sampah-sampah itulah yang biasanya menyumbat saluran parit dan bisa menyebabkan terjadinya banjir.

“Hal ini kan justru merusak pemandangan dan siap menyulitkan warga di sekitar Jalan Busiri juga,” kata Bernadus bernada mengingatkan.

Jadi, saran Bernadus, sepanjang belum ada lokasi TPS, warga juga diharapkan berkenan untuk meletakan sampahnya pada posisi aman agar tidak terhambur. Sedang untuk sampah basah, sebaiknya juga bisa dibuat ke TPS lainnya yang bisa diketahui. Tentu saja sesuai dengan jam-jam pembuangan sampah yang sudah ditentukan.

“Selama ini karena belum ada arahan Daan petunjuk khusus agar warga bisa membuang sampah dimana, maka semua warag juga meletakkannya di depan Koramil. Kami tetap jaga itu agar bisa satu tempat saja sampai nanti ada arahan dari kelurahan dulu,” ungkap Bernadus.

Kepala Kelurahan Inauga, Yane Kristian Buinei. (Foto: Maria M. Fautngilyanan)

Sementara menurut Kepala Kelurahan Inauga, Yane Kristian Buinei, sejauh ini memang belum sempat ada lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di lingkungan keluarhan Inauga. Jadi, diharapkan dengan upaya yang masih terus dilakukan bisa cepat diupayakan titik lokasi yang tepat.

 

“Rencana kebersihan lingkungan itu juga menjadi prioritas kita si Kelurahan Inauga dan sudah masuk dalam Daftar Program Anggaran (DPA) Kelurahan Inauga, hanya saja samapai sekarang ini, kita memang masih menunggu pencairannya agar bisa bergegas melaksanakan program prioritas itu. Masalahnya kita memang ada dalam kota dan menjadi wajah bagi dearah ini ketika nanti memasuki Pesparawi dan PON, jadi kita harua bisa terlihat bersih dan nyaman Dimata para tamutamu yang akan hadir di Timika,” ujar Yane Buinei.

Dirinya mengakui apa yang juga sudah dijelaskan Ketua RT.003 di kelurahan Inauga, Bernadus Wenehen mengenai semua upaya yang sudah dilakukan.

“Kita memberikan apresiasi ya hanya saja karena kita semua harus menunggu dana maka mari kita upaya yang bisa kita lakukan dulu bersama-sama,” ucapnya menghimbau lagi.(mra)

Pos terkait