WAPRES KUATIR DAMPAK SERIUS PENULARAN VIRUS CORANA DARI RENCANA PEMULANGAN EKS PENDUKUNG ISIS

Wakil Presiden Ma’ruf Amin

JAKARTA – Tabaos14    I     Juru bicara (Jubir) Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi kepada pers memberikan klarifikasinya membaca sejumlah komentar netizen, baik di IG maupun portal berita terkait, ada sedikit mispersepsi di kalangan sebagian khalayak, atas judul berita, “Ma’ruf Bandingkan Pemulangan WNI Eks ISIS-Virus Corona.”

Baidlowi mengklarifikasi hari ini, Kamis bahwa (06/02) terkait pemberitaan media pada Rabu (05/02). Pertama, seolah Wapres punya keinginan kuat atau kecenderungan memulangkan WNI pendukung ISIS.

Berikutnya juga, seolah Wapres menyetarakan WNI yang dievakuasi dari Wuhan dengan WNI pendukung ISIS. Baik risiko maupun statusnya di mata negara.

Klarifikasi Baidlowi bahwa sejujurnya yang dibandingkan Wapres adalah, antara pro ISIS dan WNI dari Wuhan, bukan rencana pemulangannya, juga bukan statusnya di mata negara Indonesia, tapi kajian dan penanganan atas dampak penularannya.

WNI dari Wuhan yang dikhawatirkan terpapar virus corona saja, dan dari observasi sementara, masih sehat. Sedemikian serius ditangani melalui diobservasi dan diisolasi, agar mereka tetap sehat dan tidak menularkan virus, maka apalagi –dalam istilah wapres— WNI yang terjangkit wabah terorisme, maka lebih serius lagi dikaji dan ditangani potensi dampak penularan paham radikal terorismenya, bila mereka dipulangkan.

Sampai saaat ini, seperti ditegaskan Wapres berulang-ulang, dalam doorstop pada pers, Rabu (5/2) lalu, masalah pemulangan WNI pendukung ISIS itu baru sebatas pengkajian, dan belum ada keputusan terkait pemulangan.

Wapres tidak pada posisi berkecenderungan untuk memulangkan pendukung ISIS.(*/samone)

Pos terkait