Wakil Bupati: Sampah di Timika Menyedihkan

Foto bersama wakil bupati
Foto bersama wakil bupati (dok : Ist )

TIMIKA – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, bersuara keras ketika membuka Rapat Koordinasi Teknis Pengelolaan Sampah yang dilaksanakan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, di Grand Tembaga Hotel, Kamis (5/12).

Kekesalan Johannes Rettob ketika memberi sambutan dan membuka kegiatan secara resmi.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, persolan sampah yang ada di Kota Timika dan sekitarnya sangat menyedihkan karena sampah berserakan dimana-mana.

Menurutnya, penanganan sampah di daerah ini harus disikapi secara serius.

” Saya akan kumpulkan Kepala Distrik Mimika Baru bersama lurah dan ketua RT nya sebaliknya hal yang sama untuk Distrik Wania. Kita harus rapat setiap hari untuk membahas masalah sampah ini,” katanya.

Kata Wakil Bupati Johannes Rettob, sampah yang ada di Timika ini membuat saya gelisah. Sebab, Kota Timika kotor di mana-mana.

“Terkait ini, kami akan pasang Closed Circuit Television (CCTV) di jalan-jalan untuk memerangi warga yang membuang sampah sembarangan,” tegasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Limi Mokodompit mengatakan, persaoalan sampah ini kembali kepada perilaku manusia itu sendiri.

” Soal sampah itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi semua komponen yang ada,” pinyanya.

Ia juga meminta para lurah untuk tentukan Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Tugas lurah juga menyampakan kepada warganya untuk membuanh sampah sesui jadwal yang sudah ditentukan.

Lurah dan RT harus berikan motivasi kepada warga di RT nya.

Dinas Lingkungan Hidup memiliki tugas hanya mengangkat sampah tapi semua itu harus dimulai dari RT dan Lurah.

Pos terkait