Wakasad Pesan Personil BKO Kodim Koramil Paham Tugas dan Komunikatif

Wakasad, Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman.

 

TIMIKA – Tabaos14     I     Dalam kunjungan kerjanya di Wilayah Papua, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman memberikan pengarahan pada ratusan Personel yang tergabung dalam Satgas BKO Kodim dan Koramil persiapan di wilayah Kodam XVII-Cenderawasih untuk pahami tugasnya dan komunikatif dengan tokoh masyarakat dalam wilayah tugasnya.

Pengarahan Wakasad itu ditegaskannya di Lapangan Pancasila, Rindam XVII-Cenderawasih, Rabu (12/02).

 

Memenuhi kebutuhan tugas itu, Kodam XVII-Cenderawasih telah membentuk Satuan Tugas Bantuan Kendali Operasi (Satgas BKO) Kodim dan Koramil Persiapan yang telah mendapat pembekalan di Rindam XVII-Cenderawasih, sejak tanggal 22 Januari hingga 9 Februari 2020. Pembekalan ini diharapkan Wakasad, membekali para personel Satgas BKO untuk bisa  melaksanakan tugasnya dengan sebaiknya-baiknya.

Wakasad Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman mengatakan, untuk menghadapi tugas dan tantangan TNI ke depan. Saat ini, TNI terus berinovasi dan memeratakan kebutuhan personil sampai ke daerah-daerah yang tidak tersentuh. Seperti di perbatasan, khususnya di wilayah Timur Indonesia akan dibangun 31 Kodim di tiga wilayah Kodam yaitu Kodam XVI-Pattimura, Kodam XVII – Cenderawasih dan Kodam XVIII-Kasuari.

 

“Para Prajurit harus bangga sudah mendapatkan kepercayaan untuk membangun wilayah Indonesia Timur, khususnya di Papua sesuai dengan sumpah dan janji prajurit yang nantinya akan di tempatkan di Kodim dan Koramil Persiapan,” ujar Wakasad.

Tugas para anggota yang ditempatkan di Kodim dan Koramil Persiapan nantinya, hendaknya giat dalam menggalakan kegiatan teritorial dan pembinaan dengan warga masyarakat dalam wilayah binaannya.

“Saya berharap, Prajurit TNI sekalian harus mempersiapkan mental. Sehingga bisa melaksanakan tugas dengan ikhlas dan dapat bernilai ibadah, ” kata Wakasad.

 

Di akhir sambutannya, Wakasad juga menambahkan, agar seluruh personel Satgas BKO memahami tugas-tugas yang harus dilaksanakannya. Diantaranya seperti mengadakan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda), melaksanakan kegiatan komunikasi sosial dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan bahkan Tokoh Adat setempat serta tokoh-tokoh lainnya.

“Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas BKO Persiapan Kodim dan Koramil di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih harus bisa melaksanakan pembinaan teritorial dengan baik, sehingga setiap penugasan dapat diterima masyarakat di tempatnya bertugas, ” pesan Wakasad.(**/samone)

Pos terkait