Wabup Mimika Sambut Kedatangan Perdana Penumpang Garuda Di Bandara Baru

  • Whatsapp
Bupati Mimika saat mengalungkan bunga kepada seorang penumpang
Bupati Mimika saat mengalungkan bunga kepada seorang penumpang

Timika – Tabaos14 | Keberangkatan dan kedatangan penumpang maskapai Garuda Indonesia hari ini resmi pindah ke Bandara Mozes Kilangin baru yang berada di sisi selatan. Resminya maskapai Garuda Indonesia operasionalnya berpindah di sisi selatan di tandai dengan penyambutan penumpang yang tiba dari Jakarta dan Makassar.

Kedatangan penumpang dan kru Garuda Indonesia disambut oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Kepala UPBU Bandara Mozes Kilangin, Soekarjo dan GM Garuda Indonesia Branch Office Timika, I Nyoman Teguh, Selasa (14/6/2021).

Bacaan Lainnya

Anggota DPR RI Dapil Papua, Yan Mandenas yang menjadi salah satu penumpang tiba bersama penumpang lainnya. Dengan melihat langsung terminal ini ia sangat bangga dengan pembangunan di Kabupaten Mimika yang berkembang pesat dan siap menghadapi PON XX.

“Ini kemajuan besar yang menjadi harapan masyarakat Indonesia dan Papua khususnya,” kata Yan.

Yan berharap, semoga pengembangan bandara kedepan akan menjadi harapan masyarakat Indonesia dan juga menjadi destinasi wisata di Timika.

“Semoga pembangunan di kota ini semakin berkembang dengan diresmikannya terminal baru dan bisa digunakan oleh Maskapai Garuda Indonesia. Selamat dan sukses untuk Pemda Mimika, Garuda dan Kemenhub,” tutur Yan.

Sementara, Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob mengatakan, ini perjuangan yang luar biasa yang dikerjakan sejak tahun 2006 dan akhirnya bisa terwujud. Perjuangan mulai dari pembuatan master plan, pelepasan tanah dan kemudian pembuatan MoU dengan PTFI dan masuk dengan perencanaan awal yang tadinya ditentang luar biasa oleh Kementrian Perhubungan.

“Tapi dengan luar biasa saya paksakan akhirnya terminal itu jadi. Dengan adanya terminal ini kita berharap bahwa semua operator bisa masuk di sini agar terminal ini bisa berkembang ramai dan kita juga berikan pelayanan yang standar,” kata Wabup.

Seperti Garuda Indonesia yang memberikan pelayanan standar sesuai dengan spesifikasi masing-masing operator.

Wabup berharap dengan adanya terminal ini maka kedepan bisa semakin banyak operator lain yang menambah rute dan lain-lain.

“Kita gunakan terminal ini sebagai base dan hak untuk Papua,” ungkapnya.

Selanjutnya, GM Garuda Indonesia Branch Office Timika, I Nyoman Teguh mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika yang telah mendukung Garuda Indonesia dan juga dari airline.

“Tanpa Pemda Mimika, tanpa customer kita di Papua kita tidak jadi apa-apa. Jadi saya sangat mendukung dengan kepindahan ke terminal baru sesuai target tujuan dari Pak Bupati bahwa ini merupakan hak dari pada Papua apa lagi ini menyambut PON yang skalanya nasional,” kata Nyoman.

Jadi menurut Nyoman, pada kesempatan yang bagus ini bisa digunakan untuk mempromosikan bahwa Mimika memiliki sesuatu yang lebih seperti terminal baru.

Sedangkan, dari sisi fasilitas untuk saat ini tambah Nyoman, memang belum sepenuhnya memenuhi standar layanan Garuda Indonesia karena baru menggunakan satu gate itupun digabung dengan perintis.

“Jadi kami dari Garuda Indonesia berharap fasilitas di lantai 2 bisa secepatnya digunakan agar semakin lengkap. Untuk di terminal baru ini kami ada 4 check in counter. Satu untuk kelas bisnis, satu untuk sky priority dan dua untuk ekonomi,” ungkapnya.

Pos terkait