Wabup Mimika Imbau Wajib Pajak Segera Lapor SPT via e-Filing

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika.

TIMIKA – Tabaos14    I     Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika, Senin (09/03), menggelar Pekan Panutan, di aula Enakota KPP Pratama Timika.

Selain dihadiri Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, acara itu juga terlihat hadir Ketua Pengadilan Negeri Timika, Ida Bagus Bamaweda Patiputra. Kepala KPPN Timika, Anggraini Latupeirissa. Komandan Lanud Yohanis Kapiyau, perwakilan Polres Mimika dan beberapa pimpinan BUMN.

Kepala KPP Pratama Timika, Tirta mengatakan, pekan panutan ini diadakan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan yang terdiri dari wajib pajak orang pribadi, paling lambat 31 Maret. Bahkan SPT Tahunan wajib pajak badan, paling lambat 30 April mendatang. Jika lewat dari tanggal yang ditentukan maka akan dikenakan denda Rp100 ribu untuk wajib pajak pribadi, dan sebesar Rp1 juta untuk wajib pajak badan.

Jumlah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Timika sendiri, per Maret 2020 diketahui ada sebanyak 90.210 wajib pajak. Terdiri dari 41.947 diantaranya terdaftar untuk wajib melaporkan SPT Tahunan, namun sampai saat ini KPP Pratama Timika baru mencatat 5.081 atau 12,11 persen wajib pajak yang sudah lapor SPT Tahunannya.

Kondisi kepatuhan wajib pajak ini, kata Tirta, sangat membutuhkan kesadaran yang tinggi dari semua wajib pajak yang ada di Kabupaten Mimika. Mengingat saat ini, pelaporan SPT Tahunan sudah sangat mudah dengan e-Filing, sehingga bisa dilakukan dimana pun.

“Ini memang masih dikejar karena masih jauh dari target kita, tapi kami yakin dengan dukungan dari bapak-ibu semua, khususnya para pimpinan, kami yakin target ini bisa akan kita capai untuk Mimika maju, Papua maju dan Indonesia maju,” katanya.

Wakil Bupati Mimika sendiri dalam kesempatan Pekan Panutan Pajak itu mengatakan, para wajib pajak harus menyadari bahwa pembayaran pajak dan lapor SPT sangat penting. Alasannya, karena 80 persen dari pembangunan negara berasal dari penerimaan pajak setiap tahunnya. Dengan membayar pajak maka secara tidak langsung, wajib pajak sudah terlibat menyumbang pembangunan tersebut.

“Saya ini sudah lapor SPT Tahunan melalui e-Filing, karena bayar lebih awal membuat kita lebih nyaman. Ini yang harus dilakukan oleh semua wajib pajak yang ada, laporkan SPT untuk mendukung program kerja pemerintah lewat ini sudah. Melalui e-Filing itu sangat mudah, bisa di rumah, ditempat kerja dan dimana saja, tapi harus tetap ingat jangan lewat dari batas waktu yang ditentukan,” katanya.

Wabup Rettob mengatakan, Pemda Mimika akan terus memberikan dukungan kepada KPP Pratama untuk mencapai target baik penerimaan maupun target pelaporan SPT Tahunan, karena diyakini, dengan bersinergi maka apa pun tantangannya pasti akan bisa dilalui dan akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Bagaimanapun, jelas Wabup Rettob, Pemda mendukung jika tanpa kesadaran dan kepatuhan wajib pajak maka semuanya tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Jadi, Wabup Rettob berharap, wajib pajak yang ada di Kabupaten Mimika patuh untuk Mimika, Papua dan Indonesia maju. (*#/samone)

Pos terkait