Utusan Kemenpora Puas Lihat Kesiapan Venue PON Mimika

Utusan Kemenpora saat meninjau Venue Atletik di Mimika Sport Compleks.

 

TIMIKA – Tabaos14    I     Utusan Kementrian pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengaku puas melihat kesiapan Venue PON 2020 di Kabupaten Mimika, pernyataan tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan Venue PON di Kabupaten Mimika, Selasa (11/2).

Utusan Kemenpora tersebut merupakan rombongan yang seharusnya datang bersama Menpora, Zainudin Amali untuk meninjau Venue PON di Kabupaten Mimika.
Karena suatu hal, Menpora Zainudin Amali batal hadir, sehingga mengutus rombongan tersebut yang terdiri dari Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman dan Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta serta Tim Staf Kepresidenan dan rombongan.

Utusan kemepora tersebut melakukan kunjungan ke Venue-venue PON di Kabupaten Mimika antara lain Graha Eme Neme Yauware, Wisma Atlet, Mimika Sport Center (MSC), Venue Bilyard dan panjat tebing dan Venue Futsal.

Pada kunjungan tersebut, utusan dan rombongan dari Kemepora didampingi Sekda Kabupaten Mimika, Marthen Paiding dan Sekretaris KONI Mimika, Cesar Avianto Tunya. Sekda dan Sekum KONI Mimika menjelaskan satu persatu venue-venue yang dibangun Kabupaten Mimika guna mensukseskan perhelatan akbar PON 2020.

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman kepada wartawan mengatakan tidak ada alasan kedepan untuk Mimika tidak bisa memberikan kontribusi Atlet-Atlet Nasional yang berprestasi Internasional karena bisa dilihat, betapa baik itu Mimika Sport Centernya untuk kesiapan Atlet-atlet Atletik. Termasuk juga lapangan basketnya, sangat baik kemudian fasilitas-fasilitas lainnya sangat menunjang.

“Secara umum, kesiapannya luar biasa. Apabila dilihat lapangan basketnya, kemudian Mimika Sport Centernya sangat luar biasa. Kami sangat puas lihat kesiapan Kabupaten Mimika dalam mempersiapkan Venue-venuenya,” ungkap Marciano.

Marciano menjelaskan, pihaknya sangat yakin masyarakat Mimika akan menjadi tuan rumah yang baik dan PON akan berjalan secara aman. Kemudian lancar dan mendapatkan prestasi yang banyak. Pasalnya, lapangannya merupakan standar yang sangat baik.

Lebih lanjut dikatakannya, atlet-atlet yang lain bisa juga memanfaatkan sebaik-baiknya, kesiapan yang diberikan oleh tuan rumah untuk bisa melaksanakan PON dengan sebaik-baiknya.

“Saya optimistis pada PON XX Tahun 2020 ini akan bisa berprestasi baik di Mimika ini. Atlet-Atlet Atletik juga akan bisa memecahkan rekor, baik nasional bahkan rekor internasional karena lapangannya merupakan standar yang sangat baik,” jelasnya.

Selanjutnya Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta menuturkan, jika dilihat dari venue yang sangat bagus tersebut harus dibarengi dengan dipersiapkannya kesuksesan dari sisi Branding. Pasalnya, untuk menjadi tuan rumah PON itu mahal, artinya tidak sekedar lapangan selesai pertandingan selesai. Bagaimana Papua, terutama Mimika jadi tuan rumah dan penerima tamu yang baik, disitu juga akan ada image atau gambaran besar dari 32 Provinsi akan mengatakan Papua Indah. Papua baik, Papua itu Keren, Rama dan segalanya Keren. Selain itu, dapat menciptakan image positif bahwa, Papua itu aman, Indah, wisatanya bagus, alamnya bagus.

“Kuncinya adalah pada bidang promosi, jadi gedung sudah bagus begini secepatnya di brending. Di jalan-jalan sudah harus di brending. Sehingga masyarakat selalu akan melihat, selain itu juga melalui media massa dimana semangat PON ini,” jelasnya.

Raden mengungkapkan, Kemenpora tentu akan segera kuatkan publikasi melalui berbagai media baik cetak, online dan elektronik keseluruh penjuru Indonesia.

Namun, ” Kita ingin membendung nasional tentunya posisi disini sudah menjadi posisi siap untuk dikatakan bagus. Tidak hanya Venuenya tapi juga Modal awal Venuee akan kita sampaikan ke masyarakat bahwa, luar biasa pembagunan Venuenya dan mahal.

“Bidang promisi harus kuat untuk mempromosikan semua yang ada, baik parawisatanya, ekonomi nya dan ini harus ditingkatkan. Sehingga diketahui oleh masyarakat Indonesia,” ungkapnya.(*#/samone)

Pos terkait