Upacara Serah Terima Jabatan, Komjen Pol Waterpauw Ingatkan Seluruh Personil Kepolisian Kedepankan Pencegahan, Edukatif Dan Persuasif

  • Whatsapp

Jayapura – Tabaos14| Upacara Tradisi serah terima jabatan Kapolda Papua dari Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw kepada Irjen Pol Mathius D. Fakiri dan Sertijab Ibu Asuh Polwan Polda Papua berlangsung di Mapolda Papua, Senin (8/3).

Kegiatan yang diawali dengan penyerahan Pataka Rastra Samara dan penyerahan memorial Polda Papua dari Kapolda lama kepada Kapolda Papua baru itu, dihadiri oleh Pejabat utama Polda, Para Kapolres Jajaran Polda Papua dan Bhayangkari serta anggota Polda Papua.

Bacaan Lainnya

Komjen Pol Paulus Waterpauw menyampaikan, permohonan maaf kepada seluruh personil anggota kepolisian yang bertugas di Papua. Karena selama 16 bulan bertugas Ia menyadari masih banyak kekurangan kekurangan dan belum bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada anggota dan keluarga.

“Oleh karena itu saya mohon maaf dan berharap roda kepemimpinan yang akan dilanjutkan oleh Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri akan jauh lebih baik,” kata Paulus yang kini menjabat sebagai Kabaintelkam Polri.

Ia mengatakan, berbagai prestasi telah diukir seperti penanganan aksi Anarkis isu Rasisme dan upaya bersama dalam pemulihan situasi, pengamanan pemilukada serentak di 11 Kabupaten yang berjalan aman, penegakkan hukum terhadap KKB, pengungkapan jual beli senjata dan amunisi dan keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana umum lainnya.

Menurutnya, prestasi – prestasi tersebut bukan semata-mata keberhasilan dia sendiri melainkan wujud nyata komitmen bersama para anggota. Untuk itu ia berharap agar dilanjutkan dan ditingkatkan guna memperoleh kepercayaan yang positif dari masyarakat sebagaimana visi yang selalu digaungkan yaitu melayani dengan hati.

“Lakukan pendekatan kepada masyarakat dengan mengedepankan pencegahan, bersifat edukatif dan persuasif, namun tidak meninggalkan sikap dan tindakan tegas. untuk itu, masyarakat harus menjadi mitra kita, teman bahkan sahabat baik dengan masyarakat,” pesannya.

Selain itu Ia mengingatkan, bahwa tugas di Papua kedepan akan semakin kompleks antara lain antisipasi putusan mahkamah konstitusi sengketa pilkada di 7 kabupaten, agenda nasional Pon XX di Papua, pendisiplinan protokol kesehatan dan mendukung program vaksinasi, rencana aksi mogok sipil nasional oleh kelompok separatis politik dan ancaman gangguan kelompok kriminal bersenjata di beberapa wilayah.

“Oleh karena itu saya mengharapkan kepada seluruh personel Polda Papua dan jajaran agar dapat memberikan dukungan serta doa restu kepada Kapolda yang baru untuk saling bekerjasama, bahu membahu, serta tingkatkan suasana harmonis yang telah berjalan dengan baik selama ini, agar dapat diteruskan dan dilanjutkan sehingga ada kesinambungan dalam mensukseskan pelaksanaan tugas Kepolisian,” ujarnya.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait