Uji Coba Ditunda, Empat Atlet Tinju Mimika Tetap Latihan Rutin

  • Whatsapp

JAYAPURA – Tabaos14  |  Walaupun situasi Kota Jayapura belum normal dari Pandemi COVID-19, Namun keempat atlet tinju Mimika, yakni Yoseph Murib, Maria Ohoiulun, Ona Paays dan Sartiel Rumaropen terus melakukan latihan fisik di bawah arahan Pelatih Tinju, Percy Rumere untuk persiapan di laga PON XX 2021 Papua, mendatang.

Training Centre (TC) yang berlangsung di Camp Boxing Papua, Wisma Puri Kanaan Perumnas 4 Padang Bulan, Jayapura ini dilakukan rutin bahkan jauh sebelum Pandemi COVID-19 melanda Papua yang mengakibatkan tertundanya laga empat tahunan tersebut.

Muat Lebih

“Walaupun situasi Kota Jayapura belum normal dari pandemi Covid-19, namun kami yang TC PON XX ini tetap menjalankan program latihan untuk menjaga performs stamina dimasa transisi ini,” terangnya kepada tabaos14.com via telepon, Jumat (19/6).

Dikatakan Percy, timnya sudah menjalani semua latihan dalam Training Centre (TC), bahkan sudah tidak sabar menunggu masa uji coba kemampuan para atlet di Jawa Barat. Namun Akibat pandemi Covid-19, sehingga para jagoan tinju Mimika itu harus bersabar sambil berlatih di Jayapura.

“TC-nya sudah dijalani semua, yang tertentu seperti Training Persiapan Umum, kemudian masuk ke Training Persiapan Khusus I, kemudian masuk ke Try Out ke Jawa Barat untuk uji coba atau sparing tanding kemampuan atlit selama latihan. Tapi terbentur dengan situasi Covid akhirnya program latihan mengambang,” terangnya.

Menurutnya, uji coba dengan atlet tinju lain dari luar Papua penting sebagai evaluasi teori dan menu latihan yang dijalani selama ini. Serta sebagai evaluasi untuk masuk ke Tahap Persiapan Khusus II hingga persiapan Pra Kompetisi.

“Tapi karena PON-nya diundurkan lagi ke tahun depan, berarti ada perubahan latihan lagi di Periodesasi Program yanv akan diberikan oleh Konsultan Teknik KONI PAPUA dan BINPRES KONI PAPUA kepada kami, Pelatih Kepala dan Assisten Pelatih PON XX Papua,” tuturnya.

Sambil menunggu perubahan program periodesasi latihan yang baru menuju PON XX Tahun 2021 nanti, empat petinju Mimika yang mengikuti TC PON XX Papua tetap berlatih mempertahankan stamina dan skill di Jayapura. Para atlet juga menyampaikan rasa terimakasih kepada semua warga Mimika yang telah menyemangati empat atlet tinju Mimika tersebut selama latihan.

Ia juga menyampaikan terimakasih bagi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Kabupaten Mimika dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)Kabupaten Mimika.

“Kami juga sampaikan terimakasih untuk pengurus PERTINA MIMIKA dan KONI MIMIKA yang senantiasa memberi motifasi bagi mereka, para atlit dalam mengikuti TC di Pelatda Papua,” terang pelatih. (Yonri)