Tunggu Instruksi GPI Papua-Mimika Belum Membuka Gereja Untuk Ibadah Minggu

  • Whatsapp

TIMIKA – Tabaos14 | Gereja Protestan Indonesia (GPI) Papua hingga saat ini belum membuka gereja untuk mengadakan ibadah Hari Minggu bersama Umat.

Ketua Klasis GPI Papua Mimika, Pdt. Donald Salima, S.Th mengatakan untuk membuka pintu Gereja bagi umat beribadah, pihaknya masih menunggu instruksi dari pihak Sinode.

Bacaan Lainnya

“Jemaat sebenarnya sudah menanti. Tapi kami secara organiasi kami masih menunggu instruksi dari pimpinan lembaga secara tertulis sehingga itu menjadi dasar,” terang Donald.

Dikatakannya, GPI Papua secara lembaga sangat mengedepankan keselamatan umat. Sehingga pihaknya sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan menjalankan ibadah di tengah Pandemi COVID-19.

“Dalam kasus ini memang pertimbangan yang paling mendasar yaitu manusia. Sebab dalam organisasi GPI Papua itu manusia di dalam organisasi itu sebagai subyek. Dengan demikian, dia harus dijaga dalam keadaan apapun, sampai kepada COVID-19 ini pertimbangan yang paling utama itu manusia,” terangnya.

Beberapa Gereja yang berada di bawah naungan GPI Papua sempat merencanakan akan mengadakan ibadah minggu. Namun sempat ditegur olehnya agar pihak yang bersangkutan berhati-hati dalam mengambil keputusan tanpa instruksi dari pimpinan lembaga.

“Kami ada penegasan, siapapun dia, yang melakukan itu dan ada dampak daripada itu maka yang bersangkutan ada peraturan kepegawaian yang mengatur. Jadi kami tetap taat pada asas kelembagaan kami. Saya tadi malam sudah telepon pendeta yang sudah sebarkan di facebook, saya katakan, anda siap menanggung resiko,” terangnya.

Donald katakan bahwa pihaknya sudah siap untuk menjalankan ibadah dengan menerapkan protokol kesehatan yang sedang berlaku. Untuk hal tersebut juga, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 sudah turun mengecek kesiapan gereja.

“Namun karena taat pada instruksi dari pimpinan tertinggi, GPI Papua belum membuka Gereja untuk ibadah Hari Minggu bersama umat,” ujarnya. (Yonri)

Pos terkait