Tujuh Partai Baru Ikut Berlaga di Pemilu 2024

Kepala Badan Kesbangpol Mimika Yan Selamat Purba.

Timika – Tabaos14 | Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba menyampaikan bahwa di dalam Pemilihan Umum serentak tahun 2024 mendatang, akan ada tujuh partai baru yang ikut berlaga.

“Sampai saat ini sudah ada tujuh partai baru yang mendaftar, yaitu Partai Ibu, Umat, Emas, Gelora, Prima, PCI, dan Partai Buruh,” paparnya saat ditemui di depan ruang kerjanya, Kamis (7/7/2022).

Dengan hadirnya ketujuh partai baru ini, Yan berharap pesta demokrasi di tahun 2024 bakal berlangsung dengan lebih meriah

“Semakin banyak partai yang berpartisipasi, kita berharap pesta demokrasi nantinya akan semakin meriah. Diharapkan juga semua partai, terlebih partai baru bisa ikut memainkan peran,” katanya.

Saat ditanya mengenai kesiapan menjelang Pemilu, Yan menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dan ikut bersinergi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan mendukung kebutuhan-kebutuhannya.

“Kita sudah mulai suport, tapi kita jug akan meminta kedua lembaga itu untuk presentasikan apa saja kebutuhannya dan berapa biaya yang diperlukan. Supaya kita bisa pastikan mana yang menjadi tanggung jawab pusat, provinsi, dan kabupaten,” tandasnya.

Hal ini juga, kata Yan, untuk menghindari terjadinya tumpang tindih yang mengakibatkan semua biaya dibebankan ke Pemerintah Daerah.

“Tahun-tahun sebelumnya saya sempat ikuti soal ini, tapi seolah-olah hanya pemerintah daerah saja yang membiayai,” ungkapnya.

Terkait besaran bantuan yang akan diberikan, Yan belum bisa memastikan. Namun, ucap Yan, sudah tercantum di dalam APBD.

“Di DPA itu besaran hibahnya itu Rp 2 miliar untuk KPUD dan Bawaslu Daerah,” pungkasnya.

Pos terkait