Truk Pembersih Jalan Milik DLH Mimika di Operasikan Tahun Depan

Truk compactor yang didatangkan Dinas Lingkungan Hidup Mimika untuk mendukung operasional pengangkutan sampah di Timika.

Timika – Tabaos14 | Truk pembersih jalan yang baru di datangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika rencananya akan dioperasikan tahun depan. Kedua truk baru tersebut di datangkan untuk mendukung operasional di bidang persampahan di Kabupaten Mimika.

“Ada dua unit. Satu untuk compactor, satunya lagi untuk sapu jalan,” ujar Kepala Seksi Persampahan, Aris Sampe Mambulu saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/7/2022).

Aris menjelaskan kedua truk tersebut direncanakan akan dioperasikan dalam tahun depan, karena saat ini untuk sapu jalan kan kita masih pakai tenaga yang hasil kerja sama dengan beberapa CV itu,” jelasnya.

“Jadi nanti tahun depan baru kita masukkan dalam anggaran APBD induk,”jelasnya.

Kedua truk ini, kata Aris, masih menggunakan sistem uji coba.

“Kita masih sistem uji coba dulu, apakah memang layak kita pakai atau belum. Ini juga sementara kita sedang tahap training. Yang kasih training ini kita datangkan langsung dari Jakarta,” pungkasnya.

Di samping itu, Melki selaku Pengawas Operasional mengatakan sejauh ini belum dilakukan percobaan.

“Kalau training iya, kalau percobaan belum. Karena pertama, ini harus ada plat nomor, BPKB, dan STNK dulu baru boleh beroperasi,” katanya.

“Kedua ini belum dianggarkan terkait operasionalnya, BBM nya, itu harus sudah dianggarkan dulu baru boleh dioperasikan,” ucap Melki menambahkan.

Terkait sistem kerja dan fungsi dari truk tersebut, Melki menjelaskan keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

“Yang compactor ini nanti dia angkat sampah kemudian dipres sehingga kapasitas volume angkutnya lebih besar. Ini diperkirakan bisa angkut sampah sebanyak tiga truk yang biasanya,” jelasnya.

“Kalau yang untuk sapu jalan ini, bisa otomatis sampah yang disapu langsung ditampung ke dalam tangkinya,” pungkasnya.

Pos terkait