Tokoh Adat : Masyarakat Pinggiran Kota dan Pedalaman Jaga Wilayahnya

  • Whatsapp
Marianus Maknaipeku Tokoh Masyarakat Adat Kamoro

Timika – Tabaos14  |  Sebagian Wilayah Kabupaten Mimika di Klaim Kabupaten Mimika tetangga, Tokoh Adat Masyarakat Kamoro meminta masyarakat jaga batas wilayahnya.

Marianus Maknaipeku selaku Tokoh Masyarakat Adat Kamoro menyebut wilayah yang kini diklaim Kabupaten Tetangga adalah Kapiraya dan PT. PAL.

Bacaan Lainnya

“Area PT PAL di Klaim Kabupaten Deiyai mereka juga telah membangun pemukiman disana, parahnya pada saat peringatan HUT RI kemarin mereka sempat melakukan upacara disana, sedang Wilayah Kapiraya kini Klaim Kabupaten Dogiyai. Kabupaten Dogiyai juga telah membangun Distrik baru dan satu kampung disana, ” kata Marianus ketika diwawancarai disalah satu Hotel di Timika, Rabu (24/11/2021).

Marianus meminta masyarakat di daerah pinggiran juga pedalaman untuk menjaga wilayahnya.

“Tidak boleh biarkan mereka masuk apalagi sampai membangun disana. Harus pertahankan tanah kita dan jangan berikan kepada orang lain apalagi sampai menjualnya,” kata Marianus.

Menurutnya ini merupakan bagian dari perampasan. Ia meminta kepada Kabupaten tetangga untuk tahu diri dan tidak menyerobot ke wilayah orang lain apalagi menguasainya.(bos)

Pos terkait