TJ DPO Kasus Penembakan di Tembagapura Akhirnya Tertangkap

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Polisi menangkap TJ, salah satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Joni Botak. Pelaku ditetapkan DPO diincar sejak maret 2020 itu dibekuk petugas pada Sabtu (13/3/2021) kemarin.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata mengatakan TJ tertangkap di Jalan Trans PapuaTimika – Nabire saat hendak mendistribusikan bahan makanan (bama) kepada rekan-rekannya.

Bacaan Lainnya

Menurut Era, jalan tersebut diketahui memang merupakan jalur suplai logistik KKB pimpinan Joni Botak. “Dari hasil penyelidikan, diketahui rencana adanya suplai bama untuk KKB pimpinan Joni Botak di Jalan Trans Papua Timika Nabire menggunakan mobil rental jenis Avanza putih,” kata Kapolres didampingi Komandan Satuan (Dansat) TNI dalam konferensi pers di Polres Mimika, Jalan Cenderawasih, Rabu (17/3/2021).

Lanjutnya, TJ diamankan bersama tiga orang lainnya, tetapi dari hasil pemeriksaan, tiga orang tersebut tidak memenuhi unsur tindak pidana. “Tiga orang lainnya yang kita amankan hanya dimintai keterangan,” katanay.

Erea menjelaskan, TJ merupakan DPO yang kerap melakukan aksi penembakan di Tembagapura pada Maret 2020 lalu. Salah satunya adalah penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus PT Freeport Indonesia (PTFI) di Utikini, Distrik Tembagapura pada Maret 2020.

“Kita temukan barang bukti HP dan foto yang bersangkutan. Pada saat itu terdapat rombongan KKB gabungan melakukan penembakan di Tembagapura,” katanya.

Ia menyebut, pihaknya sudah menangkap tiga orang pelaku penembakan di Tembagapura, dan satu lagi berstatus DPO dengan inisial ED. “Banyak rencana KKB ingin meminta bantuan bama. Kita berusaha agar itu tidak terjadi,” pungkasnya.

Reporter : Tim
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait