Tinjau Tembagapura Wamen PUPR Sebut Pembangunan Di Distrik Tembagapura Tanggung Jawab Pemkab

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Wakil mentri (Wamen) Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo menegaskan, pembangunan sarana dan prasarana di tiga Kampung Distrik tembagapura merupakan tanggung jawab Pemkab Mimika. Sedangkan PT Freeport Indonesia (PTFI) sifatnya hanya membantu dan mensuport Pemerintah.

“Karena yang punya rakyat itu kan pemerintah daerah, bicara soal manajemen Vice Presiden PTFI ini kan tidak dipilih oleh rakyat, yang dipilih kan Bupati dan Wakil Bupati,” kata Wempi saat ditemui di Hotel Rimba Papua, Jumat (12/2/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Wempi setelah melihat langsung tiga kampung yang ditinggal mengungsi oleh warga, banyak fasilitas dan infastruktur penting disana yang rusak, seperti sekolah, sarana pelayanan kesehatan masyrakat, dan rumah warga. Maka dari itu menurutnya perlu komitmen dan kerjasama antara pemkab dan PTFI dalam hal pembangunan kembali infrastruktur tersebut.

“Pembangunan ini adalah bentuk sinergitas, bukan seolah-olah semua menjadi kewajiban dan tanggung jawab PTFI,” tuturnya.

Permasalahan penanganan tiga kampung dalam hal ini pembangunan infrastruktur seolah berlarut. Sehingga kata John perlu dilakukan pertemuan antara PTFI dan Pemerintah Kabupaten guna membahas solusi penanganan jangka pendek dan panjang bagi masyrakat tiga kampung.

“Saya sebenarnya hadir ini sebagai orang Papua ingin membantu mendorong pembangunan kembali disana, yang sebenarnya tugas Pemkab Mimika. Makanya kemarin (Kamis) saya ajak wakil Bupati untuk mengunjungi lokasi,” jelasnya

Terkait dengan pembangunan infrastruktur, Kementerian PUPR siap membantu,tinggal menunggu permintaan resmi dari Pemerintah Mimika.”Sebenarnya kita (Kemen PUPR) bisa mendorong tetapi kita tunggu sign dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, karena mereka yang punya rakyat,” ungjapnya.

Wempi menambahkan rencananya usai melakukan kunjungan, dirinya akan duduk bersama dengan PTFI dan Pemkab Mimika untuk mendiskusikan langkah kedepan apa yang akan diambil. “Saya berkunjung juga untuk mendengar apa harapan PTFI kemudian dari Pemkab itu apa,” ucapnya.

Sementara itu Direktur PTFI, Claus Wamafma mengungkapkan bahwa PTFI akan terus memberikan dukungan bagi masyarakat dan pembangunan di Banti. “Kita ingin sama-sama dengan pemerintah, untuk bisa bekerjasama dalam mencari solusi terbaik untuk masyarakat kedepan,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait