Tinjau Program Binmas Noken di SP 7, Wakapolda : Kehadiran Balai Kasuari Bantu Tingkatkan Pertanian

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Rudi Eko Sudarto didampingi Wabup Mimika Jhon Rettob meninjau lokasi pertanian milik petani local di Balai Kesejahteraan Untuk Anak Negeri (Kasuari) Kampung Mulia Kencana SP 7 Distrik Iwaka Kabupaten Mimika, Jumat (11/6).

Balai Kasuari sendiri merupakan program baru yang berada dibawah naungan Binmas Noken Polri dan digagas oleh Wakapolda Papua Brigjen Eko.

Bacaan Lainnya

Kapolres Mimika dalam sambutannya mengatakan, salah satu program Pemerintah Daerah Timika bersama-sama Polres Mimika adalah untuk mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Mimika khususnya masyarakat asli Papua dengan cara bersama sama memkirkan sumber daya yang ada sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Saya sudah melihat di Kabupaten Mimika ini tanahnya sudah sangat subur oleh karena itu kita harus punya ilmu lain seperti membuka lahan pertanian untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Era

Menyadari hal itu, lanjut Kapolres, Polda Papua melalui Polres Mimika dan program Binmas Noken Polri membangun balai pengelolaan pupuk organik yang diberi nama Kasuari. Kasuari sendiri adalah singkatan dari ( Kesejahteraan Untuk Anak Negeri).

Wakapolda Papua Brigjen Eko yang menjadi inisiator program Kasuari meminta kepada para petani lokal OAP bersama bersama mengelola agar balai tersebut dapat berkembang serta menjadi contoh untuk daerah lain di Papua.

“Ini akan dikelola kelompok tani Sp 7 dan akan menjadi contoh, kita akan support guna memajukan Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Wakapolda Papua dalam kesempatannya mengatakan, merasa tersanjung dengan moment ini. Karena Program yang baru digagasnya itu sudah dieksekusi begitu cepat. “Program ini tetap dibawah naungan Binmas Noken dan saya bangga serta hormat sekali dengan bapak-bapak petani yang telah memajukan program Binmas Noken kami,” ujarnya.

Kesempatan yang sama Wakil Bupati Kabupaten Mimika Johannis Rettob dalam sambutanya menyampaikan terima banyak kepada Polda Papua dan juga Polres Mimika atas inovasi baru di bidang pertanian yang digagas dan dibangun di Kampung Mulia Kencana SP 7.

John menagatakan masalah pupuk adalah masalah yang sering dikeluhkan oleh para petani di Kabupaten Mimika dirinya berharap dengan kehadiran Balai Kasuari ini dapat membantu pemenuhan pupuk bagi para petani di Mimika.

“Luar biasa, terima kasih banyak atas inisiasi dan inovasi jajaran kepolisian Polres Mimika dan Polda Papua untuk bersama sama kita bisa bersinergitas dengan pemerintah daerah dan bisa sama sama mensejaterahkan masyarakat Kabupaten Mimika. Mudahan hari ini menjadi tonggak pertanian kedepan, “kata John

Usai melaksanakan kunjungan ke Balai Kasuari Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr Eko Rudi Sudarto dan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob melakukan penggilingan padi. Padi tersebut adalah hasil panen dari petani lokal Papua yang juga merupakan kelompok tani binaaan Binmas Noken Polri.

Reporter : Nay
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait