Tingkatkan Ekonomi Mandiri dan Kesra, BPKAD Mimika Gelar Penyusunan Teknis Administrasi Keuangan

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Jeny Usmani membuka rangkaian kegiatan dengan membacakan sambutan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

Timika – Tabaos14 | Dalam rangka meningkatkan ekonomi mandiri dan kesejahteraan rakyat (Kesra), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika menggelar penyusunan petunjuk teknis administrasi keuangan di Graha Emene Yauware, Rabu (6/7/2022).

Penyusunan petunjuk teknis administrasi keuangan yang dilakukan ini berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran kas serta penatausahaan dan pertanggungjawaban sub kegiatan.

Bacaan Lainnya

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Jeny Usmani selalu perwakilan pemerintah kabupaten membuka rangkaian agenda acara dengan membacakan sambutan Bupati Mimika.

Dalam sambutan tersebut, disampaikan bahwa tujuan dari penyusunan petunjuk teknis ini adalah untuk meningkatkan kebijakan fiskal dalam rangka perwujudan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Hal itu sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Permendagri Republik Indonesia nomor 77 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah serta peraturan dan regulasi yang menjadi turunannya,” ujarnya.

Jeny menyebutkan dalam rangka perwujudan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, pemerintah akan senantiasa berupaya meningkatkan kebijakan fiksal.

“Salah satu bagian penting dalam penguatan kapasitas fiskal adalah peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang meliputi, tahapan perencanaan, penganggaran , pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah,” jelasnya.

Sementara dalam hal peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah, kata Jeny, yang memiliki peran penting yaitu Pejabat Penatausahaan Keuangan (ppk), Bendahara Pengeluaran, dan Operator Simda Keuangan sebagai pejabat perbendaharaan di tingkat satuan kerja.

“Seiring dengan dinamika proses pelaksanaan APBD dan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, maka dibutuhkan juga kemampuan SDM yang baik dalam memperbaharui serta mengakselerasi pemahaman dan keahliannya,” terangnya.

“Untuk itu, sangat diperlukan suatu media peningkatan kapasitas dan kapabilitas bagi para Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), Bendahara Pengeluaran, dan Operator Simda Keuangan yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terkini di bidang keuangan daerah,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, kegiatan ini diharapkan mampu berperan sebagai media peningkatan PPK, Bendaharan Pengeluaran dan Operator Simda Keuangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas pengelolaan (penerimaan dan pengeluaran) kas.

“Serta penatausahaan dan pertanggung jawabannya yang efektif, efisien dan kredibel sebagai pengelola APBD yang profesional dan berintegritas,” ucapnya.

“Saya menyambut baik kegiatan ini karena peningkatan kapasitas sumber daya manusia terkait pengelolaan keuangan sangat berperan penting untuk mencapai tujuan yang di cita-citakan bersama yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur di Kabupaten Mimika,” pungkasnya.

Pos terkait