Tim Gugus Prediksi Mimika Segera Memasuki New Normal

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14 | Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Mimika, memprediksi Kabupaten Mimika segera memasuki masa New Normal. Hal tersebut dilihat berdasarkan indikator penilaian terhadap data-data kasus Covid-19.

Juru bicara Tim TGTPP Kabupaten Mimika Reynold Ubra, M.Epid mengatakan, sebelum siap memasuki kehidupan Normal Baru (New Normal), hal pertama yang harus dinilai adalah aspek tata laksana protokol kesehatan harus dipatuhi masyarakat Mimika.

Muat Lebih

“ Prediksi saya, kemungkinan tanggal 3 Juli kita masuk ke masa New Normal .Hal ini diukur dari sejak berlakunya Pembatasan Sosial Diperluas Diperkatat (PSDD) hingga mencapai ke masa New Normal. Sehingga beberapa solusi untuk mengatasi hal ini pun harus dipersiapkan Tim Gugus dalam menghadapi segala kemungkinan di kemudian hari,” kata Rey melalui Vicon bersama sejumlah media, Minggu (28/6).

Sementara untuk mengatur masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan yakni menjaga jarak, memakai masker dan sesering mungkin mencuci tangan, menurut Reynold hal tersebut harus diatur oleh Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Peraturan Daerah, Peraturan Bupati atau Surat Edaran.

“ Solusi yang kami berikan, yaitu kami tetap berikan penanganan Covid sesuai dengan pedoman penanganan Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan .Nanti dari regulasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah, tentu saja ini akan dipantau pelaksanaannya, dimonitoring dan dievaluasi oleh Tim Gugus,” terangnya.

Reynold berharap Tim Gugus yang sudah ada harus terus bekerja,dan masih tetap intens memantau pelaksanaan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat. Hal ini dilakukan karena prinsip dasar penanganan Covid-19 adalah deteksi, tracing contact dan isolasi. Sehingga jika di masa New Normal ditemukan kasus baru (positif Covid), sehingga kasus yang dialami itu semua tanpa gejala.

“ Itu belum menjadi keputusan dari Ketua Tim Gugus dan jajaran Tim Gugus. Ini saya berbicara berdasarkan angka atau data-data kesehatan yang ada. Karena data-data kesehatanlah yang dipakai sebagai indikator dalam menilai penyebaran Covid-19 di Mimika ini,” pungkasnya.

Reporter : Yonri
Editor : Tahir

  • Whatsapp