Tim Gugus Klaim Situasi Pandemic Covid 19 Di Mimika Mulai Membaik

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14  | Memasuki hari ke 91 sejak kasus wabah pandemic Covid 19 mewabah di Mimika pada pada 25 maret 2020 lalu. Tim medis terus berupaya dengan pendekatan Deteksi, Tracing, Treatment dan Isolasi berkembang mulai dari 1 kasus dan sampai saat ini menjadi 367 kasus.

Juru bicara TGTPP Covid 19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra M. Epid mengatakan, dengan bertambahnya 3 orang pasien yang dinyatakan sembuh dari RSUD Mimika maka situasi pandemic covid19 di Kabupaten Mimika mulai membaik.

Muat Lebih

“Pada hari ini terdapat kemajuan dalam pengobatan dan tatalaksana medis yang dibuktikan dengan bertambahnya 3 orang pasien yang dinyatakan sembuh dari RSUD Mimika sehingga jumlah pasien sembuh dalam 24 jam meningkat dari 269 orang naik menjadi 272 orang. Sedangkan selama 24 jam terakhir tidak terjadi peningkatan kasus kematian sehingga jumlah pasien meninggal masih tetap 6 kasus,” kata Reynold melalui siaran persnya yang difasilitasi oleh Diskominfo Mimika, Rabu (24/6).

Reynold mengatakan, dengan bertambahnya 3 pasien sembuh maka menurunkan jumlah pasien covid yang sedang diisolasi oleh tim medis rumah sakit dari 92 orang tersisa 89 orang masing-masing ditangani oleh RSUD Mimika sebanyak 42 orang, RS Tembagapura sebanyak 46 orang dan RSMM sebanyak 1 orang.

“ Pada hari ini dari 105 spesimen tidak ditemukan kasus positif Covid19. Secara keseluruhan specimen yang diperiksa meningkat menjadi 3,192 spesimen. Sedangkan selama 24 jam terakhir tidak terjadi peningkatan kasus kematian sehingga jumlah pasien meninggal masih tetap 6 kasus,” katanya.

Selain tidak ditemukan kasus positif Covid19, namun kata Reynold, ada penambahan 1 orang yang ditetapkan sebagai PDP sehingga jumlah PDP yang diisolasi berjumlah 22 orang.

“ Sedangkan ODP tidak ditemukan penambahan namun penemuan OTG bertambah 39 kasus baru sehingga total OTG meningkat menjadi 1,068 orang,” katanya.

Menurut Rey, Data-data tersebut menunjukan bahwa seluruh masyarakat Mimika telah mampu mengendalikan penyebaran Covid19, namun kewaspadaan dan displin masih harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan.

“ Selalu menggunakan masker jika keluar rumah, selalu mencuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir sebelum menyentuh daerah wajah dan jangan lupa menjaga jarak fisik saat bertemu dengan kerabat maupun berada di tengah-tengah kerumunan banyak orang,” katanya.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp