Tim Futsal Papua Tetap Berlatih Menuju PON XX 2021

  • Whatsapp

TIMIKA – Tabaos14  |  Meski Papua sedang dilanda Pandemik COVID-19, namun tidak menyurutkan semangat para atlit Futsal untuk berlatih guna membela Bumi Cendrawasih di laga PON XX tahun 2021. Tentu saja Pemerintah dan pelaksana yang terlibat dalam Training Center (TC) di Jayapura terus mengutamakan kondisi prima para atlit.

Mewakili Ketua, Sekretaris Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Mimika Elvry Leiwakabessy,ST, mengatakan TC Futsal Tim Papua tetap berjalan sampai saat ini meskipun ada beberapa atlit yang disibukann dengan proses belajar baik tingkat Menengah maupun Univeritas.

Muat Lebih

“Tapi sementara ada beberapa dalam tim itu, mereka ada yang ikut ujian terus ada yang mendaftar kuliah sehingga mereka sekarang ini sejak dua Minggu lalu sampai saat ini masih melakukan latihan sore,” terangnya Saat dihubungi via telepon, Sabtu (13/6).

Ia mengatakan, Tim TC PON XX sempat diliburkan saat memasuki Hari Raya Idul Fitri, bulan lalu. Beberapa atlit dipulangkan ke rumah, namun untuk atlit Timika tetap tinggal di mess atlit karena tidak ada penerbangan ke Timika akibat ditutupnya Bandara Timika saat Pembatasan Sosial Diperluas Diperketat (PSDD) bulan yang lalu.

“Kalau yang lain-lain pulang ke rumah, atlit kita kan tidak sempat pulang ke Timika, karena itu,” terangnya.

Nelson Sesa, Atlit Futsal Mimika Pemain Terbaik Pada Liga Nusantara 2019 di Jayapura Yang Saat Bergabung Dengan Tim  TC Futsal PON Papua XX 2021 di Timika.

Meski masih dalam TC, para atlit tetap mendapat perhatian dari Pemerintah. Terkhusus untuk atlit dari Kabupaten Mimika, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui KONI masih memberi honor kepada atlit yang mewakili Mimika dalam Tim Futsal Papua.

“Luar biasa juga, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui KONI sudah membayarkan honor untuk atlit TC PON yang dari Kabupaten Mimika untuk semua cabang olahraga, yang didalamnya futsal juga dapat,” terangnya.

Diterangkannya kepada Tabaos14, honor tersebut sudah berjalan sejak tahun lalu. Dan hingga saat ini Pemkab Mimika masih tetap memberi honor kepada para atlit Mimika.

Dalam Tim Futsal Papua, terdapat dua orang pelatih yang dipimpin oleh Pelatih Kepala, Daud Arim serta 4 orang sebagai official yang siap mengarsiteki Tim Futsal Papua. Terdapat juga dua Orang Atlit Futsal dari Timika yg tergabung dalam 18 orang Atlit TC PON Papua, yang nantinya akan disaring menjadi 14 orang untuk berlaga pada PON XX 2021 di Timika nanti.

Piere Rivaldo Sakweray, Satu Dari Dua Atlit Futsal Mimika Yang Di Panggil Masuk Mengikuti TC PON Futsal Papua XX Tahun 2021 di Timika.

 

“4 orang official, namun akan di kurangi mnjadi 2 orang. Terkait perkembangan pemain, Nelson dan Pier sangat baik dalam tim TC PON, kami Pengurus AFK Mimika selalu memantau perkembangan mereka melalui Pelatih Kepala, Pak Daud Arim,” terang Elvry.

Menurutnya, Tim Futsal PON Papua sudah seharus Try Out untuk uji tanding dengan tim-tim di luar Papua namun terkendala COVID-19, sehingga sementara waktu harus latihan di Jayapura sembari menunggu perkembangan COVID-19 ini. Sementara komposisi Tim TC Futsal Papua, AFK Kabupaten Mimika  “menyumbangkan” dua atlit setelah dipanggil untuk memperkuat Tim Futsal Papua dalam PON XX tahun depan antara lain Nelson Sesa  kelahiran Bumi Amungsa dan Piere Rivaldo Sakweray jebolan Tim Futsal Mimika.

Nelson sendiri lahir di Timika, 7 Juli 1998. Merupakan tamatan SMK N 2 Mimika dan bermain pada posisi Flank. Nelson merupakan jebolan Pemain Predator FC. Dia direkrut ke Tim Futsal Mimika untuk mengikuti Liga Nusantara 2019 di Jayapura dan terpilih menjadi pemain terbaik pada Liga Nusantara 2019 itu. Saat ini direkrut ke tim futsal untuk membela Bumi Cenrawasih dalam PON XX Papua, mendatang.

Selanjutnya, Piere Rivaldo Sakweray yang lahir di Jayapura, 2 November 2000. Piere adalah lulusan SMK Pelayaran Cendrawasih Timika. Pemain posisi flank ini merupakan jebolan Airline FC. Dia pernah direkrut ke Tim Futsal Mimika untuk mengikuti Liga Nusantara 2019 di Jayapura dan saat ini membela Tim Futsal Papua untuk PON XX Papua tahun 2. (Yonri)