Tim Anggaran Pemkab Mimika Didesak Jemput Bola Selesaikan Evaluasi APBD 2021

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Mimika didesak segera memfollow up pelaksanaan evaluasi APBD Pemkab Mimika Tahun Anggaran 2021 di Jayapura, yaitu ke TAPD Pemprov Papua.

Ketua DPRD Kabupaten Mimika Robbi Kamaniel Omaleng mengatakan, hal ini penting
lantaran pembahasan evaluasi itu molor dari target waktu yang ditetapkan sebelumnya yaitu sebelum tanggal 18 Desember.

Bacaan Lainnya

“Meski demikan saya memaklumi keterlambatan kala itu karena baru dua pemerintah daerah yang sudah selesai melakukan evaluasi APBD-nya, sementara lainnya belum termasuk APBD Pemprov Papua sendiri,” kata Robby saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Selasa (05/01/21).

Ia meminta,kedepan mengingat persiapan PON 20 Papua yang akan digelar di bulan Oktober, maka segala program yang berkaitan untuk menyambut even akbar itu, khususnya progam fisik mendukung PON, sudah seharusnya segera dijalankan sejak awal tahun ini.

“Apalagi menyangkut proses pelelangan proyek yang membutuhkan waktu, sehingga segera harus sudah dijalankan maksimal di bulan Februari depan. Karena bila tergeser sampai bulan Maret atau April maka akan terlambat untuk menyukseskan PON 20 Papua di Kabupaten Mimika,” tegas Robby.

Robby menjelaskan, seharusnya saat ini Tim Anggaran Pemkab Mimika aktif menjemput bola yaitu dengan berkordinasi ke TAPD Pemprov Papua guna menjalankan evaluasi tersebut. Sehingga setelah evaluasi nomor register sudah diterbitkan pihak Pemprov, maka segala aktifitas program kerja pemerintah sudah bisa dijalankan oleh para OPD di Lingkup Pemkab Mimika.

“Materi isi APBD Pemkab Mimika yang telah disahkan dalam Paripurna DPRD Mimika sebelumnya sudah masuk ke pihak Pemprov Papua. Sehingga tinggal mendorong komunikasi dan koordinasi dengan Tim Anggaran Pemrov Papua agar segera membahas evaluasi APBD Mimika yang senilai 3,6 triliun rupiah lebih itu,” ungkapnya.

Robby menambahkan, selain penanggulangan Covid-19 di Mimika juga adalah program yang berkaitan dengan menyukseskan Pekan Olahraga Nasional PON 20 Papua, di mana Kabupaten Mimika menjadi klaster penyelenggara utama sebagai tuan rumah beberapa penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga Cabor PON.

Reporter : Ifona
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait