Tiga Mentri Apresiasi Dukungan PTFI Untuk PON Papua

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14 | Kunjungi Mimika Sport Complex (MSC) tiga menteri yaitu Menpora Zainudin Amali, menteri BUMN Erick Tohir dan Menko PMK Muhajir Efendi mewakili pemerintah pusat menyampaikan apresiasi atas dukungan PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk PON XX Papua.

“Pemerintah tentunya menyampaikan apresiasi kepada PT Freeport yah dalam dukungannya untuk seluruh pelaksanaan PON XX ini,”kata Menpora saat ditemui wartawan usai mengunjungi MSC, Senin (4/10/2021).

Bacaan Lainnya

Menpora meminta agar pemerintah daerah kreatif menggelar event pasca PON XX. Pihaknya berharap ada masyarakat atau pihak lain yang dapat menunjukan perhatian yang sama terhadap dunia olahraga, terlebih setelah Gubernur Papua Lukas Enembe, meminta pemerintah pusat menobatkan Papua sebagai Provinsi Olahraga.

“Sudah tepat (permintaan penobataan) karena adanya pelaksanaan PON XX ini dan fasilitas olahraga yang sangat baik,”tuturnya.

Ditanya soal nasib venue usai penyelenggaraan PON XX Zainuddin mengungkapkan dirinya sudah mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan perencanaan untuk pengelolaan venue serta seluruh fasilitas dan penginapan agar dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Nanti bisa juga diberikan kepada penguruan tinggi atau gereja untuk asrama atau tempat berlatih (calon atletnya),” katanya.

Selain hal tersebut Zainuddin mengaku akan mendorong pelaksanaan Kejuaraan Nasional olahraga agar digelar di Papua.

“Fasilitasnya luar biasa jadi kita akan mendorong kejurnas, tapi semua kembali kepada pemerintah daerah yang harus kreatif untuk memanfaatkan venue pasca PON XX, karena jika tidak akan bernasib sama dengan tempat-tempat yang lain (venue PON sebelumnya),” tuturnya.

Menurut Zainuddin adanya keinginan agar Papua dapat menjadi provinsi olahraga dapat dijadikan sebagai motivasi bagi pemerintah daerah untuk kreatif dan memanfaatkan venue-venue pasca PON XX.

“Kami hanya membantu membangun, untuk perawatan sepenuhnya kami serahkan kepada pemda seperti tempat yang lain, yang kami bisa lakukan yah hanya mendorong kejuaraan nasional,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Indoensia Erick Thohir mengatakan akan memberikan dukungan seusai dengan pemetaan dan program yang telah dibuat oleh Kemenpora.

“beberapa perusahaan dibawah kami (BUMN) sudah ada yang bekerjsama dengan cabang olahraga tertentu, dan kami mendukung 17 cabang olahraga,” katanya.

Salah satu contoh perusahaan yang telah memberikan dukungan adalah Telkom, PLN dan PT Freeport dalam pelaksanaan PON XX.

“Kita memang harus gotong royong, tidak semua pemerintah pusat, jadi pemerintah daerah harus kreatif harus membuat event, karena menpora akan mendukung,”ujarnya.

Penulis: Enol
Editor: Riki Lodar
  • Whatsapp

Pos terkait