Terminal Bandara APBD Kontrak Fisik April

  • Whatsapp

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Yan Selamat Purba.

TIMIKA – Tabaos14    I     Dipastikan di bulan April mendatang, terminal Bandara Udara Mozes Kilangin yang didanai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masuk tahap kontrak baik konsultan maupun fisik.

Bacaan Lainnya

Proyek yang dilakukan secara multi years tersebut, pembangunannya dikucurkan dana kurang lebih Rp90 Miliar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Yan Selamat Purba usai mengikuti rapat koordinasi bersama PB PON XX Papua dan Sub PB PON Klaster Mimika, Kamis (11/03) di Hall Room lantai dua salah satu hotel di Timika.

Menurut Yan, kemungkinan besar, terminal bandara tersebut tidak dapat difungsikan pada saat Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesperawi) dan Pekan Olaraga Nasional Indonesia (PON) 2020 nanti, karena saat ini progres pekerjaannya baru terbilang 40 persen. Itu masih membutuhkan waktu cukup lama, untuk bisa merampungkannya.

Ditahun ini, ada anggaran sebesar Rp90 Miliar lebih dari APBD, dikhususkan untuk melanjutkan pekerjaan bandara. Namun, dengan sisten multi years itu, jangka waktunya tiga tahun.

“Rencananya terminal bandara yang dibangun dari APBD ini akan digunakan untuk kedatangan, sedangkan terminal yang dibangun dari APBN untuk keberangkatan,” jelasnya.

Namun, mengingat waktu menjelang Pesparawi dan PON kian dekat, sedangkan progresnya baru 40 persen. Nantinya, jelas Yan, jika dua even itu berlangsung. Pemda Mimika akan fungsikan terminal APBN untuk kedatangan dan keberangkatan.

Yan menambahkan, seharusnya progres pembangunannya tidaklah 40 persen. Namun di tahun 2019, anggaran yang sudah dibudget Pemda sebesar Rp108 Miliar, terpaksa dikembalikan ke Kas Daerah (Kasda) karena perhitungan perubahan itu tidak selesai, sehingga tak bisa dilakukan.

“Tahun ini kami pastikan, sudah bisa dikerjakan, karena sudah tidak ada lagi kendalanya. April mendatang sudah kita lakukan kontraknya,” ujarnya.(*#/Sam)

  • Whatsapp

Pos terkait