Terkendala Anggaran Proyek Air Bersih Dinas PUPR Mimika Belum Bisa Dioperasikan

Kepala Dinas PUPR Mimika Robert Mayaut.

Timika – Tabaos14 | Proyek air bersih Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika yang dikerjakan sejak delapan tahun lalu hingga kini belum dapat dioperasikan.

“Realisasinya instalasi baru sekitar 20 persen dari engineering estimasi sebesar 375 miliar di posisi 2014 waktu review design. Sekarang sudah hampir 8 tahun. Tentunya harga barang sudah naik, yang dulu kita hitung 375 miliar, sekarang bisa tembus 400-an lebih,”kata Kepala Dinas PUPR Mimika, Robert Mayaut saat ditemui di halaman Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Senin (18/7/2022).

Menurut Robert apabila mau dijalankan maka harus ada subsidi terkait anggaran operasional.

“Kan untuk menjalankan genset dan membayar listrik itu hampir dua miliar perbulan pengeluarannya. Baru pemasukannya nanti berapa? Makanya itu harus ada pelanggan minimal dulu sebanyak 17.000 dari 50.000 sambungan,” tuturnya.

Sejauh ini, ungkap Robert, jaringan air bersih yang telah terpasang sebanyak 1600. Namun, dia mengakui bahwa jumlah itu pun belum dapat menutupi. Jika Pemerintah Kabupaten mau menggelontorkan dana sebesar Rp 150 miliar lagi, maka sambungan air bersih tersebut sudah bisa berjalan.

“Itu juga sudah bisa menutupi anggaran operasional. Sayangnya PUPR tidak memiliki anggaran sebesar itu. Kalau kita operasikan, itu bukan kita menambah PAD tetapi malah menguras,” pungkasnya.

Pos terkait