Tergabung di Grup A, Tim Futsal Papua Target Juara, Ini Peta Kekuatan Kedua Grup

  • Whatsapp
Sekertaris Umum PBB PON XX Papua Sub Mimika Cessar Avianto Tunya dan TD Albin Laurent saat mengambil bola yang didalamnya terdapat nama tim futsal
Sekertaris Umum PBB PON XX Papua Sub Mimika Cessar Avianto Tunya dan TD Albin Laurent saat mengambil bola yang didalamnya terdapat nama tim futsal

Timika – Tabaos14 | Technical Delegate Futsal dan Panitia Penyelenggara menggelar pembagian grup untuk 10 tim futsal yang akan berlaga di PON XX Papua tahun 2021, yang berlangsung di Hotel Grand Mozza, Selasa (14/9/2021).

Dalam pembagian grup tersebut, tim fitsal Papua tergabung dalam grup A bersama, Sumatera Utara (Sumut), Kepulauan Riau (Kepri), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Kalimantan Barat (Kalbar), sementara grup B dihuni tim futsal dari Jawa Barat (Jabar) yang merupakan juara PON XIX, Banten, Sulawesi Selatan (Sulsel), Maluku Utara (Malut), Jawa Timur (Jatim).

Bacaan Lainnya

Pelatih Kepala Tim Futsal PON Papua Daud H Arim usai pembagian grup mengatakan, kedua grup memiliki peta kekuatan yang sama. Karena banyak diperkuat para pemain timnas, dan pemain liga.

“Saya lihat kekuatan dari masing-masing grup, tapi di grup B cukup berat, karena disitu ada Jabar, Sulsel, Malut, sedangkan di grup A sendiri kita tidak melihat kekuatan mereka, tapi ini juga termasuk grup yang berat. Kita tidak bisa menganggap enteng tim yang ada digrup A,” kata Daud.

Ia mengungkapkan, tim futsal yang tergabung dalam grup B lebih banyak diperkuat pemain timnas. Sama halnya dengan grup A yang mana ada beberapa pemain timnas dan liga yang perkuat, sebut saja tim futsal NTB dan Papua.

“Untuk pemain timnas lebih banyak ada digrup B, Jabar, Jatim dan Sulsel,” ungkapnya.

Ia mengakui, tim futsal Papua sudah sangat siap bertanding. Dengan materi pemain yang ada tentunya bisa berbicara banyak untuk Papua. Sebut saja pemain timnas, Ardiansyah Runtumboy, dan dan dua pemain liga yaitu Yosep Nikustaru, Marsel Ereo, cuma perlu pengembangan mental.

“Kita sampai hari ini sudah sangat siap, kita sudah masuk dalam fase yang mengembangkan mental-mental pemain,” akunya.

Tidak hanya pemain timnas dan liga, tim futsal Papua juga diperkuat tiga pemain dari Kabupaten Mimika, sebut saja Nelson Sesa, Daniel Leinata, dan Irey sakrawai sehingga mendapat dukungan dari masyarakat Mimika.

“Karena kita main di Timika jadi ada 3 pemain dari Timika yang kita masukkan dalam tim,” ungkapnya.

Disinggung mengenai target. Kata Daud, berlaku sebagai tuan rumah, tim futsal Papua menargetkan juara.

“Khusus sepak bola putra dan putri dan futsal itu harus dapat emas, karena kita akan bertanding ditempat kita sendiri,” tuturnya.

Sementara itu mewakili Askab PSSI Mimika, Burhan mengatakan, seluruh masyarakat Papua mendukung tim futsal Papua dan mengharapkan yang terbaik bisa diraih.

“Kita mengharapkan kita punya tim digrup A bisa juaralah, dan kami harapkan ada dukungan dari tim futsal Papua,” harapnya.

Pos terkait