Tenaga Honorer Dinonaktifkan Juga Berdampak Pelayanan Jempol Disdukcapil Mimika

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dampak dari di rumahkannya seluruh pegawai honorer Pemkab Mimika, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika selain menghentikan pelayanan administrasi penduduk (Adminduk) di tiga Distrik juga menghentikan pelayanan langsung kepada masyarakat di kampung hingga pesisir msupun pedakanan atau jemput bola (Jempol).

“Ini yang menjadi pertimbangan kami, karena dengan adanya kebijakan itu Disdukcapil kekurangan tenaga, sehingga terkendala pada pelayanan, dan dengan kondisi saat ini kita berusaha untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat tetap meksipun kekurangan,” kata Sekretaris Disdukcspil Mimika Lukas Tahitu di hotel Horison Diana, Jumat (4/6/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Lukas agar masyarakat di wilayah pedalaman bisa memiliki adminduk, dan tetap terlayani jempol menjadi jawabannya. Pasalnya masih banyak warga Kabupaten Mimika yang belum memiliki adminduk, khusus masyarakat yang berada di wilayah pedalaman (pegunungan dan pesisir).

“Warga yang berada di beberapa Distrik pedalaman (pesisir) sudah kita sambangi dan melakukan pelayanan, kalau warga yang di wilayah pegunungan mereka lebih banyak berada di kota, sehingga kita juga biasanya lakukan Jempol di tempat- tempat yang memang banyak masyarakat beraktivitas, “tuturnya.

Menurut Lukas pihaknya belum bisa menjangkau langsung ke wilayah pegunungan karena medan yang sulit untuk dijangkau. Selain itu kurang tersedianya jaringan internet, karena untuk melakukan pelayanan disana semua perangkat (Lunak dan keras) harus di bawa juga ke pedalaman.

“Selain transportasi anggaran juga menjadi satu kendala untuk bisa menjangkau pelayanan ke wilayah pedalaman,” tuturnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait