Tekan Angka Lakalantas Polres Mimika Gelar Operasi Patuh 2022

Penyematan pita secara simbolis oleh Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra saat gelar pasukan pembukaan Operasi Patuh Cartenz di Mapolres Mimika, Senin (13/6/2022).

Timika – Tabaos14 | Dalam rangka untuk menekan angka Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) menjelang HUT Bhayangkara ke 76 ini Polres Mimika menggelar Operasi Patuh 2022.

Operasi patuh 2022 sesuai perintah Kapolda Papua untuk dilaksanakan diseluruh daerah yang ada di Papua dalam rangka cipkon kamseltibcar lantas. Untuk Kabupaten Mimika sendiri pembukaan Operasi Patuh dilakukan dengan gelar pasukan di Mapolres Mimika, Senin (13/6/2022).

Dalam amanah Kapolda Papua, yang dibacakan oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra bahwa Operasi patuh cartenz tahun 2022 ini dalam rangka cipkon kamseltibcarlantas menjelang hari Bhayangkara yang akan dilaksanakan selama 14,terhitung mulai tanggal 13 sampai 26 Juni.

Dengan tema “Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa”,dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya,sehingga operasi dapat berjalan dengan optimal.

Pada umumnya kecelakaan lalin diawali dengan terjadinya pelanggaran tata tertib dan peraturan berlalu lintas. Masyarakat sebenarnya sangat memahami resiko apabila melakukan pelanggaran lalin,namun pelanggaran lalin telah menjadi sesuatu hal yang dianggap biasa oleh masyarakat.

“Tingkat kesadaran akan kepatuhan terhadap peraturan berlalu lintas masih tergolong rendah. Kita menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalin kita tidak bisa berdiam diri,bahkan wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan kamseltibcarlantas serta kerjasama semua instansi terkait,”kata Kapolres.

Mantan Kapolsek Mimika Baru,menyampaikan bahwa pada pelaksanaan operasi patuh cartenz tahun ini diprioritaskan kegiatan dikmas lantas yang mampu mewujudkan rasa tertib berlalu lintas secara permanen,namun tidak secara instan.

“Dalam artian diharapkan masyarakat bisa melaksanakan disiplin. Tidak hanya bila ada petugas namun masyarakat harus tetap disiplin dan juga mampu menciptakan situasi kamseltibcarlantas yang aman, serta mampu menekan terjadinya pelanggaran lalin dan laka,”ungkap Gede.

Sementara cara bertindak untuk melaksanakan operasi patuh,kata Kapolres harus dilakukan sosialisasi melalui media tentang tertib berlalu lintas. Serta penyuluhan dan himbauan lalin.

“Selain itu juga pelaksanaannya harus dilakukan secara simpatik,persuasif dan humanis. Oleh sebab itu pelaksanaan operasi patuh cartenz tahun 2022 ini melaksanakan gakkum lantas dengan 7 prioritas,”ujar Gede.

Pos terkait