Tahun Ini Pemkab Mimika Selesaikan Ganti Rugi Lahan Aeromodeling Dan Stadion Di SP 5

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemerintah Kabupaten Mimika siap melakukan pembayaran lahan kepada pemilik lahan untuk pembangunan Venue PON Cabor Aeromodeling dan Stadion Sepakbola dengan total luas lahan 30 Hektare yang terdapat di jalan poros SP 5.

Persiapan pembayaran lahan tersebut dilakukan pertemuan dengan pemilik lahan dengan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika, di ruang rapat lantai III kantor pusat pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (7/6/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika Yunus Linggi saat ditemui usai pertemuan dengan pemilik lahan mengatakan, lahan tersebut akan dibayarkan dalam 2 tahap. tahap pertama sebesar 12,5 Hektare, sementara tahap kedua sebesar 17,5 hektare sehingga total lahan luasnya 30 hektare. “Pembayaran tanahnya itu siap dibayarkan tahun 2021,;”kata Yunus.

Yunus mengungkapkan bahwa sebelum dilakukan pembayaran, tim Appraisal akan terlebih dulu menghitung appraisalnya atau taksiran nilainya. Setelah selesai dilakukan taksiran nilai baru akan dilakukan pembayaran. Tahap pertama sudah dikespose atau di umumkan tersisa tim aprisal turun untuk melakukan penilain. Untuk tahap kedua masih dalam persiapan dan perencanaan, selanjutnya tim aprisal melakukan penilaian.

“Setelah ada hasil aprisalnya baru Dinas Pertanahan akan melakukan pembayaran sesuai dengan perhitungan aprisal tersebut,”ungkapnya

Menurut Yunus setiap pengadaan tanah harus melalui perencanaan, karena jika tidak sesuai dengan perencanaan itu akan melanggar aturan. Pembayaran lahan tersebut telah ada dalam dokumen perencanaan anggaran tahun 2021, sehingga Dinas Pertanahan akan membebaskan lahan tersebut hingga akhir tahun 2021. “Lahan itu harus dibayarkan dalam tahun 2021, kami tidak ingin lagi ada beban pekerjaan apalagi hutang,”ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait