Tahun Aggaran 2021 Pemkab Mimika Rubah Sistem Informasi Dari SIMDA Ke SIPD

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pada tahun anggaran 2021 ini sistem informasi baik itu pembangunan daerah maupun keuangan daerah Pemkab Mimika menggunakan sistem baru yaitu Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Sehingga tahun 2021 ini Pemkab Mimika tidak lagi menggunakan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).

“Kita sekarang menggunakan sistem baru, dari SIMDA menjadi SIPD,” kata Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob saat ditemui di mill 32, Rabu (20/1).

Bacaan Lainnya

Wabup menjelaskan bahwa dalam sistem SIPD ini ada terdapat sistem Standar Satuan Harga (SSH) yang ditetapkan berdasarkan peraturan Bupati. Selain itu sebelum melakukan penginputan data harus melakukan review Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) kepada bagian Inpektorat.

Dengan menggunakan SIPD tersebut terjadi perubahan kodefikasi nomenklatur dan lain sebagainya tetapi bukanlah menjadi masalah, hanya tergantung pada bagaimana Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melakukan koordinasi secara baik dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maka bisa berjalan dengan cepat.

“Jika SSH tidak terdapat di peraturan Bupati ya segera di revisi peraturan Bupati dengan cepat. Yang terjadi ini mereka input dulu baru review itu yang menyebabkan keterlambatan terjadi, tetapi penginputan sudah dilakukan dan sudah selesai,” jelas Wabup.

Wabup mengungkapkan bahwa dalam perubahan sistem informasi tersebut saat ini tidak terjadi kendala atau masalah di dalam penyusunan RKA untuk tahun anggaran 2021 ini. Pasalnya semua OPD sudah melakukan penginputan. “Tapi semua sudah selesai semua dan tidak ada masalah,” ungkapnya.

Diketahui bahwa SIPD sendiri adalah sistem informasi yang membantu penyediaan data dan informasi pembangunan daerah, penyusunan perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah secara elektronik yang pelaksanaannya oleh pemerintah daerah secara nasional.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait