Sub PB PON Mimika Siap Laksanakan Tes Even Atletik

PB PASI dan Pengprov PASI Papua usai Jumpa Pers-nya, Senin (24/02).

 

TIMIKA – Tabaos14    I    Sub Panitia Besar (PB) PON XX Papua Cluster Kabupaten Mimika siap melaksanakan tes even cabang olahraga atletik tahun 2020, sebagaimana penyampaian Pengurus PASI Pusat yang ditunjuk sebagai Technical Delegate (TD) dan Tes Even PON XX Papua 2020 yang juga Wakil Ketua Bidang organisasi PB PASI, Umaryono dalam jumpa pers di salah satu hotel di Timika, Senin (24/2) malam.

Menurut Umaryono, Tes Even atau disebut juga dengan Papua Open 2020 itu digelar sebagai babak kualifikasi akhir untuk cabang olahraga atletik. Sedangkan untuk kesiapannya, pihaknya menyatakan bahwa, Sub PB PON Kabupaten Mimika sangat siap selaku tuan rumah untuk menggelar tes even atletik PON XX Papua Tahun 2020.

“Karena persyaratan teknis, sarana stadion MSC secara teknis memenuhi persyaratan. Termasuk peralatan yang akan digunakan,” tuturnya.

Untuk peralatan teknis lomba, Umaryono mengungkapkan, dari hasil pengecekan dari pihaknya menyatakan bahwa semua sudah ada dan tersedia dengan lengkap. Tetapi untuk finishnya dan alat ukur elektrik, menurutnya nanti akan menyewa dari pihak kedua. Selain itu, juga masih belum tersedianya beberapa ruangan yang dibutuhkan karena keterbatasan fasilitas.

“Kami sudah melakukan pengecekan dan pemeriksaan semua peralatan atletik sudah tersedia. Untuk kekurangan ruangan, solusinya kita tambah portable yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut,” ungkapnya.

Untuk nomor-nomor yang diperlombakan pada tes even PON XX cabang olahraga atletik ini, akan diperlombakan sebanyak 40 nomor. Dari 40 nomer tersebut, selain menggunakan stadion MSC sebagai tempat pertandingan. Ada beberapa nomor yang harus menggunakan arena jalan raya dan untuk nomor yang menggunakan jalan raya tersebut, dilakukan di Kuala Kencana.

“Salah satu lomba di jalan raya itu ada Nomor Jalan Cepat 20 Km dan Marathon,” jelasnya.

Sementara Ketua Komisi Perlombaan PB PASI, Dwi Priyono menjelaskan, mengapa dipilih Kuala Kencana untuk nomor perlombaan jalan raya tersebut. Menurutnya, Kuala Kencana daerahnya sangat nyaman untuk perlombaan Nomor Jalan Raya. Selain arus lalu lintas di Kuala Kencana yang tidak begitu padat, sehingga tidak mengganggu perjalanan aktifitas masyarakat Mimika. Lebar jalan di Kuala Kencana sangat lebar.

Dari pengukuran yang dilakukan pihaknya untuk standar ukuran nomor jalan raya, Kuala Kencana memenuhi kriteria sesuai dengan standar ukuran yang telah ditetapkan.

“Kita pilih Kuala Kencana karena nyaman dan dipinggir jalan ada banyak pepohonan dan kami yakin, para atlet pasti suka. Selain itu, untuk perlombaan tersebut membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Sehingga, jika pakai jalan kota, pasti sangat mengganggu masyarakat dalam beraktifitas,” jelasnya.

Dwi mengungkapkan, pihaknya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Freeport yang sudah mendukung suksesnya PON XX ini. Terutama untuk cabang olahraga atletik. Sudah membangun fasilitas olahraga atletik, yaitu MSC dan mengijinkan Kuala Kencana untuk lomba atletik di nomor jalan raya.

“Semua ini merupakan sumbangsih PT Freeport Indonesia terhadap perkembangan olahraga atletik, dalam rangka PON. Ini kami berikan penghargaan kepada Freeport yang sudah memberikan kontribusinya yang sangat luar biasa,” ungkapnya. (*#/samone)

Pos terkait