Stok Obat Malaria Sudah Ada Wabup Rettob Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Rettob.

Timika – Tabaos14 | Stok obat anti malaria (OAM) yang sebelumnya dikabarkan kosong, saat ini sudah kembali ada Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi khawatir.

“Bahwa janjinya itu kan di akhir Juli, semoga datang. Tetapi untuk memenuhi kuota yang ada di Mimika itu sudah mulai ada jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya Wabup saat ditemui di Hotel Horison Diana Timika, Jumat (1/7/2022).

Selain obat biru, stok obat malaria lainnya juga dikatakan masih ada meskipun dalam jumlah yang kecil.

“Stok obat malaria saat ini sudah mulai ada. Yang selain obat biru pun sampai sekarang masih di Mimika, walaupun dalam jumlah yang kecil,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wabup Rettob menjelaskan dalam pengedropan OAM Mimika akan diprioritaskan sebab kontribusi Mimika akan malaria sangat besar di Papua dan Indonesia.

“Kita targetkan pemerintah pusat melalui kementrian kesehatan akan memasok lewat dinas kesehatan provinsi, kemudian provinsi drop kepada kita di Mimika,” jelasnya.

“Dan itu akan kembali normal di akhir bulan Juli. Untuk berapa banyak permintaanya saya tidak hafal tetapi mereka sudah hitung stok sesuai dengan kebutuhan malaria dan jumlah peningkatan penyakit malaria yang ada di sini,” terangnya.

Di sisi lain dari ketiadaan stok yang terjadi sebelumnya, Wabup Rettob bersyukur karena selama obat malaria tidak ada, masyarakat jadi disiplin hidup sehat.

“Selama obat malaria ini tidak ada, orang sakit malaria juga ternyata tidak bertambah. Kemungkinan itu karena masyarakat tahu kalau obat ini tidak ada sehingga mereka betul-betul menjaga kesehatannya sesuai dengan yang sudah kita sosialisasikan terkait pemasangan kelambu, pakai autan, dan tidak keluar malam,” ucap Wabup Rettob

“Jadi ada nilai positifnya juga dari kekosongan stok kemarin,” imbuhnya.

Jangan lewatkan berita terbaru lainya di
https://tabaos14.com
Ikuti kami juga di
https://facebook.com/tabaos14COM
https://twitter.com/tabaos14COM
https://instagram.com/redaksitabaos

 

Pos terkait