Stok Obat Malaria DHP Sudah Tersedia di Setiap Faskes

Sekretaris Dinas Kesehatan Mimika, Marselino Mameyau.

Timika – Tabaos14 | Stok obat malaria DHP atau yang biasa dikenal dengan obat biru saat ini sudah kembali tersedia di setiap fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Kabupaten Mimika.

Sekretaris Dinas Kesehatan Mimika, Marselino Mameyau saat ditemui pada hari Senin (8/8/2022) di ruang kerjanya mengatakan, stok obat malaria tersebut sudah tiba sejak awal Agustus lalu.

“Terkait dengan obat malaria yang beberapa bulan terakhir ini kosong, kemarin tanggal 1 Agustus 2022 itu telah tiba stoknya di Mimika. Jumlah stok yang masuk itu sebanyak 58.500 tablet. Itu obat biru atau DHP,” ujarnya.

Marselino menyampaikan, dari jumlah yang didatangkan, sebagian besarnya telah didistribusikan oleh pihaknya ke setiap faskes.

“Kami sudah distribusikan ke puskesmas-puskesmas di kota, pesisir, dan pegunungan serta klinik-klinik. Jadi sekarang stok tersisa 25.290 tablet. Sementara yang sisa ini ada di gudang farmasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Marselino mengatakan bahwa jumlah stok obat malaria yang ada saat ini diperkirakan bisa bertahan selama 2-3 bulan.

“Tapi kami juga pastikan ke depan ini akan aman, maksudnya akan lebih cepat dikirim ke sini bila ada permintaan lagi,” terangnya.

Dengan sudah adanya stok obat tersebut, Marselino berharap dan mengimbau kepada masyarakat agar segera berkunjung ke faskes terdekat apabila merasakan gejala malaria.

“Kalau masyarakat merasa kurang sehat seperti demam, menggigil dan sebagainya segera ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksa darah. Bila positif malaria, bisa diberikan obat biru karena saat ini obat biru sudah tersedia di setiap fasilitas kesehatan, baik di kota, pesisir, maupun di pegunungan,” pungkasnya.

Pos terkait