Status Mimika Hari ini TANGGAP DARURAT

  • Whatsapp

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H

TIMIKA – Tabaos14    I     Masa pembatasan sosial (Social Distancing) yang selama ini diterapkan di Kabupaten Mimika seiring merebaknya Pandemik Covid-19, Kamis (16/04) hari ini status Kabupaten Mimika dirubah dari status Siaga Darurat menjadi Tanggal Darurat yang dinyatakan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H.

Bacaan Lainnya

“Hari ini telah kita sepakati untuk terjadinya perubahan status Kabupaten Mimika dari Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat,” kata Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam pertemuannya bersama Wakil  dan Sekda serta Forkompinda bahkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis pagi di Timika

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra, M.Epid. (Foto/video:Diskominfo Mimika)

Hal ini ditegaskan kembali Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra, M.Epid dalam video konferensi nya kepada wartawan yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mimika.

“Tadi pagi Pa Bupati Mimika telah menandatangani Surat Pernyataan Nomor 131/307 Tahun 2020, tentang perubahan status Kabupaten Mimika dari Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat. Sebagai tindak lanjutnya maka diperpanjang juga masa pembatasan sosial mulai hari ini hingga ke tanggal 06 Mei 2020,” ujar Reynold Ubra.

Meskipun situasinya masih akan sama dengan status siaga, jelas Ubra, namun pada situasi Tanggap Darurat ini, sejumlah titik jalan mulai pukul 14.00 WIT akan dibatasi untuk tidak boleh lagi ada aktivitas warga seperti yang masih dilakukan saat status Siaga Darurat selama ini.

Mulai besok, tim akan melakukan sosialisasi sambil melakukan tindakan Tanggap Darurat ini, sampai akan dilakukannya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah tentu akan mewajibkan semua warga tidak dapat lagi melakukan aktivitas seperti sekarang ini.

Menyikapi Keputusan Bupati Mimika itu, kata Ubra, akan segera dilakukan sosialisasi kepada semua pimpinan wilayah bahkan hingga ke RT dan RW. Terutama juga untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas warga agar menyadari, bagaimana situasi Tanggap Darurat ini harus dijalani bahkan hingga nantinya diterapkan PSBB.

“Surat pengusulannya sudah kami siapkan dan besok akan segera dikirim agar segera mendapatkan persetujuan menteri,” kata Ubra. (Sam Nussy)

 

  • Whatsapp

Pos terkait