Siswa SMP YPJ Kuala Kencana dan YPPK St Bernardus Terpilih Sebagai Pangeran Alam Serta Putri Lestari Tahun 2021/2022

Foto bersama Pangeran Alam & Putri Lestari angkatan 15 dan 16.

Timika – Tabaos14 | Siswa SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Kuala Kencana Alvario Permana terpilih menjadi Pangeran Alam dan Siswa dari SMP YPPK St Bernardus, Zivanna Romer sebagai Putri Lestari angkatan 16 tahun 2021/2022.

Terpilihnya Pangeran dan Putri Alam Lestari tersebut setelah melalui babak final dalam ajang pemilihan Pangeran Alam dan Putri Lestari yang digelar oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung dengan meriah di Ballroom Hotel Cendrawasih 66, Rabu (8/6/2022).

Manager Enviromental Departemen area Low Land PTFI Romen Rifian dan Manager PT Universal Tekno Reksajaya serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Mimika berfoto bersama Pangeran dan Putri alam lestari tahun 2021/2022.

Manager Enviromental Departemen area Low Land PTFI, Romen Rifian menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diprioritaskan untuk terus dilakukan secara berkelanjutan. Tujuannya untuk membina dan mengembangkan minat bakat serta wawasan para peserta dalam hal kepemimpinan dan juga kepedulian terhadap lingkungan.

“Ini sudah masuk angkatan yang ke-16. Mudah-mudahan tahun depan kita buat lagi yang ke 17 dan seterusnya,”tuturnya.

Romen berharap dengan diadakannya event ini, semua para peserta yang mengikuti dari awal seleksi mendapatkan pengetahuan tambahan dan keahlian baru.

“Karena ini tidak hanya berkaitan dengan lingkungan, tetapi juga berkaitan dengan lifeskill-nya mereka ya. Seperti mungkin ada yang masih kagok atau belum terampil dalam membuat video, mereka akhirnya terpacu dan termotivasi. Yang tadinya mungkin kurang dalam komputer, harapannya setelah kegiatan ini juga muncul kreativitas-kreativitas baru,”ungkapnya.

Menurut Romen yang paling penting dalam kegiatan tersebut adalah mengubah mindset para peserta sehingga cara berpikir dan tindak tanduknya yang dimulai dari rumah dan sekolah sudah mulai masuk perihal wawasan yang berkelingkungan.

“Selain itu kepribadian. Ini juga yang tak kalah penting. Kalau kita melihat anak-anak yang tampil hari ini, itu semuanya supel, lugas, dan saya pikir itu adalah bagian daripada proses seleksi dan pendidikan yang dilakukan sampai mereka pada jenjang atau tahapan terakhir ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Romen menyebutkan para peserta yang terpilih sebagai Pangeran Alam dan Putri Lestari akan dilibatkan dalam event-event di tingkat provinsi maupun nasional.

“Jadi setelah ini tentu tidak hanya berhenti di sini ya. kita berharap yang terpilih nanti tidak hanya menjadi duta di Timika, tapi bisa juga nanti ketika ada event-event yang memang pas waktunya dan ada kesempatannya mereka juga kita bisa libatkan ke event tersebut, baik itu event provinsi maupun nasional,”ujarnya.

Di samping itu, sebagai Pangeran Alam Alvario merasa beruntung dapat mengikuti program positif ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat baginya.

“Program ini sangat membantu saya untuk lebih percaya diri, memiliki wawasan yang lebih tinggi, dan masih banyak lagi manfaatnya,” ungkapnya.

Untuk ke depannya, Alvario akan mengajak pengurus OSIS yang menciptakan program-program yang sekiranya dapat menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Serta melibatkan teman-teman di sekitar untuk senantiasa memelihara alam,” tutupnya.

Sementara itu, Putri Lestari Sivanna mengatakan bahwa dirinya bakal mengawali programnya dengan melakukan berbagai kampanye tentang lingkungan.

“Mungkin kampanye dulu karena untuk menggerakkan orang-orang agar lebih peduli terhadap lingkungan itu harus mulai dari iklan. Terus diikuti juga dengan percontohan seperti aksi nyata kerja bakti di lapangan,” jelasnya.

Di akhir obrolan, Sivanna tidak lupa menyampaikan pesan lingkungan, “Ko jaga sa, sa jaga ko. Kalian jaga alam, maka alam pun akan menjaga kalian,” tutupnya.

Untuk diketahui acara ini juga didukung oleh PT Universal Tekno Reksajaya dan Dinas Pendidikan Mimika. Adapun jumlah peserta sejak awal seleksi berjumlah 60 orang dari 30 sekolah di Mimika.

Pos terkait