Sinergikan Rencana Program Kerja, Bappeda Gelar Forum Perangkat Daerah

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Mimika menggelar forum perangkat daerah Kabupaten Mimika tahun 2021 di Hotel Cendrawasih 66, Kamis (25/3). Kegiatan yang digelar selama dua hari itu, bertujuan untuk mensinergikan rencana program kerja dengan seluruh aparatur pemerintahan.

Kegiatan dengan tema “Terwujudnya Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera” tersebut dibuka oleh Asisen I Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulius Sasarari dan di hadiri langsung oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 18 distrik.

Bacaan Lainnya

Diketahui, untuk kegiatan ini 18 distrik akan membahas usulan program dan kegiatan pada musrenbang distrik lalu ke masing-masing OPD apakah akan diterima atau tidak. Artinya, OPD akan melihat kembali apakah usulan tersebut termasuk kebutuhan mendesak atau tidak.

Untuk hari pertama 9 distrik yakni, Distrik Mimika Baru, Kwamki Narama, Mimika Barat Tengah, Tembagapura, Jila, Mimika Barat, Mimika Timur Jauh, Amar, Hoeya dan Distrik Alama. Sedangkan, hari kedua Distrik Mimika Baru, Kwamki Narama, Mimika Barat Jauh, Mimika Timur, Agimuga, Iwaka, Wania, Jita dan Distrik Mimika Tengah.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulius Sasarari dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini untuk merancang pembangunan daerah ke arah yang lebih baik. Ini merupakan wujud nyata dalam proses perencanaan partisipatif masyarakat di kampung – kampung yang akan diselaraskan dengan renja OPD.

Yulius berharap, agar kegiatan tersebut dapat diikuti oleh seluruh pihak dengan baik, sehingga usai kegiatan ini para OPD bisa merespon apa yang menjadi usulan masyarakat sesuai dengan arah kebijakan dan prioritas pembangunan. “Sehingga melalui kegiatan ini apa yamg di usulkan bisa mewujudkan Mimika cerdas, aman, damai dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia kegiatan Palilu Tangke, dalam laporannya mengatakan, Forum Perangkat Daerah adalah forum musyawarah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas perioritas kegiatan pembangunan hasil musrembang tahunan tingkat distrik dengan perangkat daerah atau gabungan perangkat daerah, yang berhubungan dengan fungsi atau sub fungsi, program kegiatan sektor atau lintas sektor yang tata cara pelaksanaanya dilakukan oleh Forum Perangkat Daerah.

“Dimana dalam forum ini, membahas rancangan kerja perangkat dengan menggunakan prioritas program atau kegiatan yang dihasilkan dari musembang di tingkat distrik,” katanya.

Palilu menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah antara lain, mempertajam Indikator serta target program atau kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah. Menyelaraskan program atau kegiatan antar perangkat daerah dengan perangkat daerah lainnya dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran.

“Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD),”ungkapnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait