Silaturahmi Kamtibmas Presisi, Kabaintelkam : Papua Jadi Topik Hangat, Otsus Salah Satunya

  • Whatsapp

Jayapura – Tabaos14| Kabaintelkam Polri Komjen Pol Drs. Paulus Waterpauw meminta tokoh agama, tokoh masyarakat memberikan saran dan masukan serta dukungan agar bisa menyelesaikan akar permasalahan di Tanah Papua.

“Bagaimana cara melihat sudut pandang Papua untuk membahas kemajuan Papua, untuk itu kami mohon dukungan saudara sekalian. Dengan bekerja secara bersama sama yang mana akan lebih ringan dibandingkan bekerja sendiri,” kata Komjen Paulus melalui Silahturahmi Kamtibmas Presisi di Aula Rastra Samara Polda Papua, Senin (19/4) malam.

Bacaan Lainnya

Menurut Paulus, saat ini Papua menjadi trending topik salah satunya adalah terkait Otsus. Untuk itu ia meminta agar penyelenggara Negara pada daerah Papua agar bekerja dengan bersungguh sungguh. Ia juga meminta bertindak tegas untuk menertibkan asrama-asrama yang sudah tidak sepatutnya, agar tidak disalah gunakan sebagai lahan kriminal.

“Serta ciptakan komunikasi yang mendalam untuk bagaimana kita melihat cara menangani permasalahan di Papua. Kami memantau keadaan di tiga wilayah yang akan dilaksnakan PSU yaitu Kabupaten Nabire, Boven Digoel dan Yalimo, apakah berjalan sesuai dengan pemerintah daerah atau tidak untuk itu kami akan lakukan pendalaman,” ungkap Mantan Kapolda Papua itu.

Paulus menjelaskan, terkait aksi KKB di wilayah pegunungan Komnas HAM sudah mengirim tim untuk melakukan penjajakan terkait kasus pelanggaran HAM di Papua. Selain itu larangan mudik yang dikeluarkan melalui intruksi Presiden yang pada kenyataannya para pemudik sudah mulai melakukan mudik dari sekarang. “Untuk itu operasi ketupat agar diefektifkan untuk mendukung intruksi Presiden,” katanya.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan situasi secara umum relatif kondusif namun ada beberapa kejadian atau peristiwa yang terjadi. Diantaranya beberapa kasus penembakan yang telah menewaskan warga sipil serta pembakaran sekolah dan rumah guru atau masyarakat.

“Yang mana dalam hal ini, Kapolda Papua telah bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah dengan menindak tegas pelaku kejahatan. Selain itu, direncakan akan dilaksanakan pemungutan Suara Ulang (PSU) pada tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Nabire, Boven Digoel dan Yalimo. Serta Memastikan PON 2021 berjalan dengan aman,” ujarnya.

Silaturahmi Kamtibmas Presisi oleh Kabaintelkam Polri ini dihadiri oleh Staf Ahli BIN Bidang Hankam Mayjen TNI Gustav Agus Irianto, Ketua DPRP Papua Jhony Banua Rouw, SE, Danlantamal X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandago, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, M. Han, Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Wachid Aprilianto.

Tampak hadir Para PJU Polda Papua, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, , Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, Kapolres Jayapura AKBP Drs. Victor D. Mackbon, Dansatpom Lanud Silas Papare Letkol Torang Putra Wijaya,
Selain itu tokoh agama yakni Ketua MUI Provinsi Papua KH. Saeful Islam Payage, Ketua PGGS Kota Jayapura Pdt. James Wambrauw dan Ketua Umum PGGP Provinsi Papua Pdt. M.P.A Maury, S.Th. juga hadir dalam kegiatan itu.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait