Silaturahmi Bersama Mahasiswa Papua, Polda Sumsel Berikan Tali Asih

  • Whatsapp

Palembang – Tabaos14| Polda Sumsel bersilaturahmi dengan mahasiswa asal Papua dan Papua Barat, di kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) Indralaya.

Direktur Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol. Ratno Kuncoro, berdiskusi belasan Komunitas Mahasiswa Papua Sriwijaya (Kompas). Mengenai aktivitas kegiatan belajar mengajar mahasiswa dan kehidupan di mess kampusnya. Acara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan diakhiri makan siang bersama.

Bacaan Lainnya

Dir Intelkam Polda Sumsel juga menjelaskan, silaturahmi ini sesuai arahan Kapolda Sumsel, Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S. M.M., dan Mabes Polri.“Kami melakukan interaksi dengan adik-adik mahasiswa asal Papua yang ada di Sumsel,” ujarnya.

Pendekatan yang sama juga dilakukan Polda se-Indonesia, pada mahasiswa yang sedang menempuh studi di luar Papua.“Mereka adalah aset bangsa yang perlu kita kawal, motivasi dan tetap bersemangat dalam menempuh studinya,” paparnya.

Para mahasiswa ini juga diharapkan, jangan terpengaruh dengan masalah yang terjadi di Papua. “Fokus saja belajar, serahkan permasalahan apapun di Papua pada pemerintah. Pemerintah pusat berkomitmen pembangunan di Papua harus meningkat. Pak Presiden Jokowi sendiri sudah 19 kali ke Papua,” imbuhnya.

Pihaknya juga sudah memberikan nomor hotline dirinya dan Kapolda Sumsel. Untuk mahasiswa Papua ini apabila menemui kesulitan dalam menempuh studi di Inderalaya maupun Palembang, pihaknya siap membantu. “Kalau mau wifi, laptop, bunga untuk di Honai, bilang saja sama saya,” ujarnya.

Ketua Kompas Beskian mengatakan, mereka perantuan asal Papua sangat kompak. Mereka tidak ada masalah dalam belajar dan tidak ada perbedaan perlakuan di kampus.

“Akademik lancar. Mungkin cuma masalah toefl, kalau mau lulus. Makanya butuh kursus bahasa Inggris dulu,” ucapnya.

Pemuda asal Wamena itu menyebut, ada sekitar 100 mahasiswa/i asal Papua dan Papua Barat di Sumsel. Baik kuliah di Palembang maupun Indralaya. Di kampus Unsri Indralaya, sekitar 30 orang.

“Tapi memang karena masih masa belajar daring dan usai ujian semester, banyak yang pulang kampung,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Dir Intelkam juga memberikan tali asih kepada mahasiswa Papua, dua sepeda, seragam bola kaki, dan membagikan masker. “Nanti kita main sepak bola lai atau futsal lagi. Waktu itu kan sudah pernah ya, main sama bapak Kapolda,” tuturnya.

Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait