Sikapi ASN Yang Sering Mangkir, Pemkab Mimika Siapkan Absensi Dengan Sensor Pretina Mata

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Komitmen Bupati dan Wakil Bupati Mimika memberikan sanksi bagi ASN yang tidak disiplin sangat serius. Bahkan bagi ASN yang bolos maupun mangkir akan memotong uang TPP dan insentif sesuai dengan persentase kehadiran.

Sekda Kabupaten Mimika Michael Gomar, keseriusan pimpinan menegakkan disiplin kepada seluruh ASN pemkab Mimika dengan menambah alat absensi dengan menggunakan Retina Mata. “Selain akan mengaktifkan alat absen sidik jari juga akan di pasang alat absen dengan menggunakan kornea mata,” kata Gomar yang ditemui di halaman Pusat Pemerintahan, Kamis (18/3),

Bacaan Lainnya

Untuk mekanisme Absen Gomar menjelaskan bahwa nantinya pegawai setiap pagi harus melakukan absen pada pukul 08.00 WIT hingga pukul 08.30 WIT dan untuk pulang pada pukul 15.00 WIT. Selain itu juga absen tersebut langsung terkoneksi pada Bagian Ortal

“Toleransinya 30 menit jika lebih 1 detik absen tidak diterima. Begitu juga jam pulang kantor sebelum pukul 15.00 akan ditolak absennya kecuali pukul 15.00 lebih,” jelas Gomar.

Gomar mengungkapkan bahwa, untuk alat absen menggunakan sensor kornea mata akan dipasang untuk mengantisipasi para ASN yang tidak mau menggunakan absen sidik jari karena takut terpapar virus di masa pandemi Covid 19.

“Jadi tidak ada alasan, kita juga siapkan hand sanitizer di masing-masing OPD di pinggir alat absen sidik jari,” ungkap Gomar.

Untuk sanksi terhadap ASN yang tidak disiplin terutama adalah hal absensi Gomar menegaskan bahwa sanksi dilakukan sesuai Peraturan Bupati yaitu TPP dan Insentif akan dipotong sesuai dengan persentase absen yang ada. “Konsekwensi apabila tidak masuk selama 5, 10 bahkan hingga 30 hari itu sanksinya disesuaikan dengan aturan PP 11 tahun 2017, PP 53 tahun 2010 dan peraturan tentang manajeman ASN,” tegasnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait