Senin Besok Pemda Mimika Pasang Patok Tanah 16 Titik

  • Whatsapp

Suasana Rapat Koordinasi Tim Penertiban Aset Pemda Mimika, Jumat (28/02).

TIMIKA – Tabaos14    I     Menanggapi desakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait inventarisir aset daerah maka mulia, Senin (02/03), Tim Penertiban Aset Pemkab Mimika akan melakukan pemasangan patok papan pemberitahuan pada tanah milik Pemkab di enam belas titik.

Bacaan Lainnya

Keputusan terebut ambil tim usai melakukan rapat koordinasi yang dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan, Demianus Katiop, S.Sos., M.Si diruang rapat lantai III Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Jumat (28/02).

Terbentuknya Tim Terpadu yang terdiri dari semua Organisasi terkait seperti Kejaksaan, dan TNI Polri sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati No 150 Tahun 2020 tentang Pembentukan Tim Gabungan kegiatan penertiban aset Pemda tahun 2020. Dalam SK itu diputuskan, Pertama. Pembentukan tim gabungan kegiatan penertiban aset pemerintah daerah tahun 2020 dengan susunan keanggotaan sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.

Kedua, Tim sebagai mana dimaksud pada diktum kesatu keputusan ini bertugas menyiapkan segala administrasi dan dokumen yang di butuhkan untuk melakukan inventarisasi dan identifikasi Aset Pemkab Mimika. Melaksanakan kegiatan penertiban aset daerah Pemkab Mimika, menyusun laporan sesuai hasil penertiban, melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Bupati Mimika.

Ketiga, penertiban aset ini akan dibantu Koramil dan Polsek di masing-masing titik lokasi. Keempat, biaya yang diperlukan sebagai akibat ditetapkannya keputusan ini dibebankan pada anggaran Pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Mimika tahun anggaran 2020.

Area 16 titik yang akan dipasang patok itu adalah tanah dan gedung Kantor Dinas Perpustakaan Daerah dan bangunan Kantor Kearsipan, Tanah Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), SMA Negeri I. Pada Pelabuhan Poumako ada dua lokasi, SMP Negeri 7, SD Negeri Inauga, Tanah Samping Graha Eme Neme Yauware, tanah Kantor Pemadam Kebakaran, Tanah Puskesmas Pasar Sentral, bangunan Terminal Taxi Kuala Kencana SP, Tanah bangunan BLK, bangunan gedung kantor permanen Jalan Yos Soedarso Kwamki Baru, Rumah Negara Golongan II Tipe A Permanan Kampung Timika Jaya, tanah bangunan Kantor Pemerintah Kampung Timika Jaya.

Asisten Bidang Pemerintahan, Demianus Katiop mengatakan, Pemda dan tim telah sepakat untuk melakukan pemasangan patok pada tanah milik Pemkab Mimika di 16 titik. Khusus yang di pelabuhan Poumako, Bupati Mimika Eltinus Omaleng sendiri yang akan memimpin pemasangan patoknya.

“Hari senin ini, kita pasang papan dan kita tulis kalau lahan ini milik Pemda Mimika. Kalau ada yang cabut atau merusak maka langsung berurusan dengan Kepolisian,” ujar tuturnya.

Menurutnya, pada saat melakukan eksekusi nantinya, Bagian Aset dan Pertanahan, Bagian Hukum diminta untuk kumpulkan semua dokumen menyangkut dengan lahan-lahan itu. jika ada pihak yang merasa keberatan, dapat segera menempuh jalur hukum.

“Ini kita buat aksi dulu, nanti kita lihat tindakan selanjutnya. Jika memang ada pihak yang keberatan, silahkan tempuh jalur hukum,” ujarnya. (*#/samone)

  • Whatsapp

Pos terkait