Sempat Bentrok, Dua Kelompok Warga, SP1 dan SP4 Akhirnya Berdamai

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dua kelompok warga SP 1 dan SP 4 yang terlibat bentrok pada Minggu (21/3) Malam dipertemukan oleh pihak Kepolisian di Kantor pelayanan Polsek Mimika Baru, Senin (22/3).

Dalam Pertemuan yang difasilitasi oleh Kapolsek Miru AKP Dion Vox Dei Paron Helan kedua belah pihak antara pelaku dan Korban, akhirnya sepakat untuk berdamai.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Mimika Baru (Miru) AKP Dion Vox Dei Paron Helan mengatakan, perdamaian yang dilakukan sesuai dengan kebijakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit, yakni restorative justice. atau keadilan restorative.

“Ini merupakan penyelesaian perkara tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku atau korban, dan pihak lain yang terkait untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil, dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula, bukan pembalasan,” kata Dion.

Lanjutnya, perdamaian tercapai setelah dilakukan mediasi dan kesepakatan dimana pelaku bersedia memberikan santunan pengobatan. “Semalam sudah dilakukan mediasi,” ujarnya saat ditemui di Mapolsek Miru, Jalan C Heatubun, Senin siang.

Dion menjelaskan terjadinya bentrok dua kelompok hingga terjadi aksi saling melempar, karena terduga pelaku yang sedang dalam pengaruh minuman keras merusak salah satu kios di SP4. Lalu meninggalkan lokasi. Korban kemudian memanggil warga lainnya hingga akhirnya melakukan pengeroyokan pada orang yang salah.

“Situasi bisa dikendalikan meski sempat terjadi aksi lempar. Kami berharap masyarakat bisa lebih dewasa dalam melakukan tindakan karena pihak kepolisian tidak tinggal diam. Semua proses ada hukumnya,” ungkap Dion.

Guna memastikan situasi kondusif, dan tidak ada aksi lain, Dion mengungkapkan aparat kepolisian pun disiagakan hingga pukul 08.00 WIT pagi.”Ada tiga orang yang kita amankan. Namun sudah dipulangkan,” pungkasnya.

Reporter : Eye
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait