Sembilan OPD Belum Laporkan Uang Persediaan

Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Marthen Paiding usai Apel Pagi, Senin (24/02).

 

TIMIKA – Tabaos14    I     Sebanyak sembilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum melaporkan Uang Persendiaan (UP) 2019 kepada Bagian Keuangan Pemerintah Kabupaten Mimika, sebagaimana dijelaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Marthen Paiding saat memimpin apel pagi di lapangan Kantor Pusat Pemerintahan, Senin (24/02).

Sembilan (9) OPD yang belum menyerahkan UP tersebut adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Ketahanan Pangan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Koperasi Dana Usaha Kecil Menengah , Distrik Kuala Kencana, Distrik Tembagapura, Distrik Mimika Tengah, Distrik Iwaka, Distrik Kwamki Narama, dan Distrik Mimika Barat Jauh.

“UP inikan uang sisa yang digunakan di tahun 2019 lalu, kalau memang sudah nihil laporkan dan jika belum juga laporkan. Bukanya diam-diam saja begitu,” ujar Sekda.

Menurut Sekda Paiding, laporan UP dari OPD itu akan menyempurnakan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Karenanya didesak kepada OPD yang belum menyerahkan agar segera menyerahkannya kepada bagian keuangan Pemkab Mimika.

“Saya ingatkan kepada OPD ya, sudah sejak Januari 2020 kemarin harusnya sudah diserahkan. Tapi sampai sekarang masih saja ada yang belum melaporkan UP, ” tutur Sekda.

Sekda menjelaskan, untuk menyusun LKPD, tidak boleh bekerja sendiri-sendiri melainkan harus ada kerjasama di semua OPD, karena jika satu OPD belum menyelesaikan laporan keuangannya, tentu akan berdampak pada semua OPD.

“Karena kita harus solit kerjasama yang baik dalam rangka komitmen kita, jangan sampai hanya satu OPD saja. Akhirnya, predikan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kita pegang selama empat tahun jadi hilang,” jelasnya.

Sekda mengungkapkan, pada Maret mendatang, lanjutan pemeriksaan LKPD dapat dilanjutkan lagi. Karena sesuai aturan Peraturan Presiden (PP) No 8 Tahun 2016, menyebutkan, LKPD harus disampaikan tiga bulan setelah pelaskaan APBD.

“Untuk itu, saya harap teman-teman bisa lakukan, sehingga kita bisa meraih WTP lagi,” umgkapnya. (*#/samone)

Pos terkait