Sejumlah Ikan Hias Dari Produk Lokal Hingga Dari Luar Warnai Pameran Ikan Hias Di Timika

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Komunitas Cupang Timika (KCP) menggelar pameran ikan hias dengan menampilkan produk unggulan ikan cupang Lahir besar di Timika (Labeti). Pameran ikan hias yang didukung oleh Dinas Perikanan Mimika ini digelar di DJ Resto Jalan Budi Utomo selama tiga hari dimulai Jumat dan berkahir pada hari Minggu (28/3).

berbagai macam ikan hias baik yang di budi dayakan di Kabupaten Mimika seperti ikan cupang, juga ikan-ikan hias yang di datangkan dari luar Kabupaten Mimika turut meramaikan dunia ikan hias. Selain ikan hias juga di pamerkan Display Aquatic yaitu menampilkan keindahan dari tanaman dalam air.

Bacaan Lainnya

Selain bisa melihat pameran keindahan ikan hias para pengunjung pameran juga bisa membeli ikan hias baik dari pemilik koleksi maupun pedagang ikan juga peternak ikan hias yang ada di Kabupaten Mimika. Tak hanya itu berbagai pernak pernik hiasan ataupun alat juga pakan ikan untuk keperluan penghobi maupun masyarakat yang memelihara ikan.

Dalam sambutan pembukaan pameran kepala Dinas Perikanan Mimika Leentje AA Siwabessi mengatakan Pihaknya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KCP dan Komunitas ikan hias yang ada di Kabupaten Mimika. Para komunitas tersebut memiliki inisiatif yang sangat baik dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Perikanan untuk mempromosikan atau memasarkan jenis ikan hias maupun aquascape.

“Ini suatu hal yang luar biasa yang dilakukan oleh komunitas anak-anak muda yang peduli kepada sektor perikanan,” tutur Leentje.

Leentje mengungkapkan bahwa pihaknya berharap dengan adanya kegiatan yang luar biasa tersebut, bisa membuka peluang seluas-luasnya bagi pembudidaya ikan hias untuk mengembangkan budidaya ikan hias di Kabupaten Mimika. Selain itu para pembudi daya dan para penghobi ikan hias bisa bersaing di berbagai even

“Dengan adanya pameran ini menjadi pelopor berkembangnya budidaya ikan hias di Kabupten Mimika. Kami berharap para pembudidaya ikan hias bisa lebih semangat lagi bisa menghasilkan produk unggulan di Kabupaten Mimika,” ungkapnya.

Menurut Leentje pihaknya mengakui bahwa Dinas Pertanian hingga saat ini belum begitu menggaungkan sektor budi daya ikan hias. Saat ini yang dilakukan oleh Dinas Perikanan saat ini masih membina sektor perijanan tangkap, perikanan pembudidaya dan perikanan pengolah.

“Kami akui memang sektor budi daya ikan hias belum kami dukung penuh karena belum terlalu gaung di Mimika. Dengan adanya pameran ini diharapkan nantinya kita akan menjalin kerja sama yang baik. Atas nama Pemkab Mimika tugas kami adalah membina dan merangkul semua sektor perikanan,” tuturnya.

Sementara ketua KCP Mimika Amos Ngantio Cahyono mengatakan. tujuan dari diselenggarakan pameran tersebut adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat Mimika bahwa komunitas dan pembudidaya ikan hias itu ada di Timika.

“Tujuan kami intinya supaya kami lebih dikenal lah. Yang hobi cupang atau ikan hias lainnya ada di Timika,” tuturnya.

Amos mengungkapkan selain itu tujuan utama dari pameran tersebut adalah memamerkan hasil produk ikan cupang dari lokal Timika. Produk tersebut hasil budi daya dari peternak yang menghasilkan ikan cupang yang lebih tangguh dari ikan cupang dari luar Timika.

“Kami ingin memberitahukan terutama untuk pecinta cupang bahwa kami telah berhasil membudidayakan cupang untuk lokal Timika. Ikan cupang lokal Timika tidak kalah bagus dari ikan cupang dari luar,” ungkapnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait